View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KINERJA BUNDARAN MENGGUNAKAN MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA 1997

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (59.11Kb)
      HALAMAN JUDUL (705.4Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (437.1Kb)
      ABSTRAK (11.82Kb)
      BAB I (14.66Kb)
      BAB II (1.516Mb)
      BAB III (366.0Kb)
      BAB IV (1.071Mb)
      BAB V (106.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (103.2Kb)
      LAMPIRAN (27.87Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (1019.Kb)
      Date
      2018-09-18
      Author
      ESNAINNI, SENNA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Adanya pertemuan antar kendaraan pada jalan tidak dapat dihindarkan, tempat bertemunya arus lalulintas empat jalan atau lebih ini disebut bundaran. Pengaturan lalu lintas di bundaran merupakan hal yang penting dalam pergerakan lalulintas secara menyeluruh pada jaringan jalan luar kota. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kinerja bundaran, volume lalulintas, nilai derajat kejenuhan (DS), tundaan (DT) dan besarnya peluang antrian. Pada penelitian ini menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 tentang bagian jalinan. Hasil analisis yang didapat kondisi eksisting diperoeh nilai derajat kejenuhan tertinggi pada bagian jalinan CD sebesar 1,365 dan nilai tundaan 15,743 det/smp dmasuk pada level of service (LOS) C. Nilai tersebut belum masuk dalam peraturan Menteri Perhubungan RI.No 96 tahun 2015 tentang Manajemen dan Rekayasa lalulintas dijalan. Analisis kinerja operasi pada bagian jalinan bundaran dilakukan dengan beberapa alternative.Alternatif I yaitu melakukan pelebaran ruas dan pemotongan pulau pendekat. Hasil alternatif I pada bagian jalinan CD nilai DS menjadi 0,756, nilai DT menjadi 14,525 dan LOS B.. Alternatif II yaitu penutupan arus lalu lintas sementara, hasil dari alternative II ini didapat nilai DS 1,252 dan nilai DT 15,516 dengan LOS C. Alternatif III ini penggabungan antara alternatif I dan II, hasil dari alternatif III ini yaitu nilai DS menjadi 0,693, nilai DT menjadi 14,400 dan masuk pada LOS B. Dari beberapa alternative ini, direkomendasikan menggunakan alternative III karena hasil yang didapat nilai DS semula 1,365 dapat turun menjadi 0,693 dan DT semula 15,743 det/smp turun menjadi 14,400 det/smp masuk pada LOS B.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25759
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV