MODEL CITY BRANDING “PEMALANG PUSERE JAWA” SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN PARIWISATA DI KABUPATEN PEMALANG
Abstract
“Pemalang Pusere Jawa” adalah sebuah upaya pembentukan city branding
yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Pemalang yang secara resmi di
launching pada tahun 2015 oleh Bupati terpilih Kabupaten Pemalang. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui strategi program dalam mendukung peningkatan
pariwisata yang ada di Kabupaten Pemalang melalui slogan “Pemalang Pusere
Jawa”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, program city branding sesuai
dengan visi misi Kabupaten Pemalang, melalui pembentukan logo “Pemalang
Pusere Jawa” menggambarkan karakteristik dan potensi yang ada di Kabupaten
Pemalang. Melalui strategi 8P yakni Product adalah sebuah produk unik sebagai
ciri khas kota. Partnership adalah kerjasama yang dilakukan dalam mendukung
city branding. People adalah kepribadian masyarakat kota yang tercermin dalam
mendukung city branding. Packaging adalah pengemasan dalam bentuk brand
dalam hal ini logo “Pemalang Pusere Jawa”. Programme adalah sebuah rancangan
yang mendukung suatu kebijakan supaya tepat sasaran. Place adalah sebuah
wujud fisik yang dapat menunjang city branding dalam hal ini objek wisata
Kabupaten Pemalang. Price adalah harga yang ditawarkan dalam sebuah produk.
Promotion sebuah cara untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas melalui
media cetak atau elektronik. Dari strategi tersebut pemerintah daerah telah
berhasil meningkatkan pariwisata melalui program city branding Kabupaten
Pemalang.