MANAGEMEN EVENT JOGJA-NETPAC ASIAN FILM FESTIVAL (JAFF) DALAM MENINGKATKAN PENGUNJUNG PADA TAHUN 2015
Abstract
Penelitian ini berusaha menganalisis manajemen event Jogja Netpac Asian
Film Festival yang diselenggarakan pada periode 2015. JAFF periode 2015
merupakan pencapaian puncak yang mendatangkan jumlah pengunjung tertinggi
serta mendapatkan apresiasi sebagai 25 festival terbesar di dunia.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan kerangka teori manajemen event
untuk menganalisis manajemen event yang dilakukan panitia penyelenggara JAFF
2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif.
Dengan sumber data berasal dari wawancara dan dokumentasi. Wawancara
dilakukan dengan tiga orang informan.
Hasil penelitian menunjukan manajemen event yang dilakukan panitia
penyelenggara dimulai dengan menentukan tema acara yang kemudian
dilanjutkan pada perencanaan rangkaian acara, tempat pelaksanaan, open
submition serta proses penyaringan calon volunteer. Pelaksanaan dilakukan
selama enam hari dengan memanfaatkan sosial media sebagai media komunikasi
baik sebagai alat untuk menarik minat pengunjung serta penyebaran informasi.