STRATEGI PROMOSI DEPARTEMEN MARKETING & SALES RUMAH SAKIT “JIH” DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS “HEALTHY LIFE CENTER”
Abstract
Salah satu rumah sakit yang berskala internasional di Yogyakarta adalah
Rumah Sakit “JIH”. Rumah Sakit “JIH” yang sebelumnya hanya memiliki aktivitas
rumah sakit yang sama dengan rumah sakit yang lain, namun seiring dengan
berkembangnya zaman maka kebutuhan akan kesehatan juga semakin meningkat.
Healthy Life Center hadir sebagai wujud tanggungjawab RumahSakit “JIH” dalam
melayani di bidang kesehatan untuk masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan Strategi Promosi Departemen Marketing & Sales Rumah Sakit “JIH”
dalam meningkatkan Brand Awareness Healthy Life Center.
Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualititatif yang dimana memaparkan gambar atau pemahaman mengenai bagaimana
dan mengapa suatu realitas maupun gejala komunikasi terjadi. Teknik pengumpulan
data menggunakan metode wawancara dan studi dokumentasi atau teks.
Penelitian ini menemukan bahwa aktivitas promosi harus dapat dikembangkan
agar tetap berjalan dengan efektif melalui beberapa tahapan mengidentifikasi target
audiens, menentukan tujuan promosi, merancang pesan, memilih saluran promosi,
memutuskan bauran promosi dan mengukur hasil promosi. Penelitian ini juga
menemukan bahwa aktivitas promosi yang telah dijalankan bertujuan agar merek dapat
dikenal oleh khalayak dan dapat memberikan berbagai informasi melalui aktivitas
promosi dengan promosi yang dilakukan maka rumah sakit akan mendapatkan
keuntungan yang selalu meningkat.