Show simple item record

dc.contributor.advisorHAPSARI, TWEDIANA BUDI
dc.contributor.authorSULISTIANI, SULISTIANI
dc.date.accessioned2019-04-11T07:02:58Z
dc.date.available2019-04-11T07:02:58Z
dc.date.issued2019-01-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25987
dc.descriptionPenelitian ini membahas bagaimana nilai agama dikomodifikasi dalam tayangan televisi khususnya iklan televisi. Iklan televisi merupakan salah satu media komunikasi yang sengaja dibuat untuk menarik khalayak dengan tujuan untuk memperoleh profit atau dapat dikatakan sebagai salah satu komoditas dalam media massa. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis iklan televisi FreshCare versi Dewi Sandra. Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna tanda-tanda komodifikasi nilai-nilai agama dalam iklan FreshCare versi Dewi Sandra.Penelitian ini menggunakan studi analisis semiotik Charles Sander Peircedengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepentingan pembuat iklan untuk mengajak masyarakat atau konsumen untuk menggunakan produk FreshCare dituangkan melalui penggunaan visual tanda-tanda keagamaan. Nilai agama yang dikomodifikasi diantaranya adalah nilai silaturrahim, penggunaan busana muslim, tersenyum, penggunaan logo halal dan akhlak dalam menggunakan tangan kanan.en_US
dc.description.abstractThis study discusses how religious values are commodified in television shows, especially television advertisements. Television advertising is one of the communication media made to attract audiences to gain profit or to be a commodity in the mass media. This research analyzed Dewi Sandra version of the FreshCare television ad. This research aimed to understand the meaning of commodification signs of religious values in the Dewi Sandra version of Freshcare advertisements. This study uses Charles Sander Peirce's semiotic analysis with a qualitative approach. Data collection techniques used are documentation and observation. The results indicate that the interests of advertisers in inviting the public or consumers to use FreshCare products are poured through the use of religious visual signs. The religious values commodified include the value of silaturrahim, the use of Muslim clothing, smiling, the use of halal logo and moral in using the right hand.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectCommodification, Religious Value, Television Advertising.en_US
dc.titleKOMODIFIKASI NILAI AGAMA DALAM IKLAN TELEVISI FRESHCARE VERSI DEWI SANDRAen_US
dc.title.alternativeANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCEen_US
dc.typeThesis SKR FAI 093en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record