dc.contributor.advisor | HAPSARI, TWEDIANA BUDI | |
dc.contributor.author | SULISTIANI, SULISTIANI | |
dc.date.accessioned | 2019-04-11T07:02:58Z | |
dc.date.available | 2019-04-11T07:02:58Z | |
dc.date.issued | 2019-01-22 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25987 | |
dc.description | Penelitian ini membahas bagaimana nilai agama dikomodifikasi dalam tayangan
televisi khususnya iklan televisi. Iklan televisi merupakan salah satu media komunikasi
yang sengaja dibuat untuk menarik khalayak dengan tujuan untuk memperoleh profit atau
dapat dikatakan sebagai salah satu komoditas dalam media massa. Dalam penelitian ini,
peneliti menganalisis iklan televisi FreshCare versi Dewi Sandra. Penelitian ini bertujuan
untuk memahami makna tanda-tanda komodifikasi nilai-nilai agama dalam iklan
FreshCare versi Dewi Sandra.Penelitian ini menggunakan studi analisis semiotik Charles
Sander Peircedengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepentingan
pembuat iklan untuk mengajak masyarakat atau konsumen untuk menggunakan produk
FreshCare dituangkan melalui penggunaan visual tanda-tanda keagamaan. Nilai agama
yang dikomodifikasi diantaranya adalah nilai silaturrahim, penggunaan busana muslim,
tersenyum, penggunaan logo halal dan akhlak dalam menggunakan tangan kanan. | en_US |
dc.description.abstract | This study discusses how religious values are commodified in television shows, especially
television advertisements. Television advertising is one of the communication media made to
attract audiences to gain profit or to be a commodity in the mass media. This research
analyzed Dewi Sandra version of the FreshCare television ad. This research aimed to
understand the meaning of commodification signs of religious values in the Dewi Sandra
version of Freshcare advertisements. This study uses Charles Sander Peirce's semiotic
analysis with a qualitative approach. Data collection techniques used are documentation and
observation. The results indicate that the interests of advertisers in inviting the public or
consumers to use FreshCare products are poured through the use of religious visual signs.
The religious values commodified include the value of silaturrahim, the use of Muslim
clothing, smiling, the use of halal logo and moral in using the right hand. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Commodification, Religious Value, Television Advertising. | en_US |
dc.title | KOMODIFIKASI NILAI AGAMA DALAM IKLAN TELEVISI FRESHCARE VERSI DEWI SANDRA | en_US |
dc.title.alternative | ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
093 | en_US |