Show simple item record

dc.contributor.advisorSUCIATI, SUCIATI
dc.contributor.authorNINGSIH, AMELIA ROSFIANA
dc.date.accessioned2019-07-01T06:56:59Z
dc.date.available2019-07-01T06:56:59Z
dc.date.issued2019-04-29
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27617
dc.descriptionPenelitian ini menganalisis bagaimana opini masyarakat Kota Yogyakarta terhadap keluhan dan tanggapan di website UPIK tahu 2017-2018 periode juni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan opini dari masing-masing masyarakat kota Yogyakarta terhadap keluhan dan tanggapan. Kemudian, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi opini tersebut. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini berupa teori opini yang meliputi pengertian, jenis, proses serta faktor-faktor yang mempengaruhi opini ditambah teori mengenai opini dalam media baru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan data yang didapat langsung melalui wawancara dengan lima orang informan yang dipilih dengan kriteria sebagai pelapor di website minimal 3 kali dan merupakan masyarakat Kota Yogyakarta. Teknik analisis data ialah dengan analisi kualitatif dengan proses uji validitas data yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan memaparkan tindakan informan dalam memberikan opini serta mendeskripsikan opini dari masing-masing informan dengan opini positif dan negatif. Opini positif ditunjukan pada keseluruhan tanggapan dan keluhan mengenai bahasa, isi, dan media yang digunakan. Kemudian opini negatif ditunjukan pada waktu balasan yang tidak sesuai SOP yaitu 2x24 jam. Faktor pembentuk opini setiap informan yang berakar dari persepsi yaitu latar belakang, serta nilai yang dianut. Dalam mewujudkan Good Government, pemerintah Kota Yogyakarta sudah memenuhi prinsipnya yaitu: prinsip partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas.en_US
dc.description.abstractThis study analyzed how the opinion of the people of Yogyakarta city towards complaints and responds on the website UPIK 201702018 on the periods of June. This study aims to find out and describe the opinion each of the peoples of Yogyakarta city towards complaints and responses. Then, describe the factors that influenced the pinion. The theories used in this study are opinion theory which included the understanding, types, processes and factors that influence opinions plus theories about the opinion in new media. This study used the research method of the descriptive qualitative with the data obtained directly through interviews with 5 peoples as informants who selected with the criteria as informants on the website at least 3 times and they were the people of Yogyakarta city. The data analysis technique was qualitative analysis with the process of testing the validity of the data by using triangulation techniques. Overall, the result of this research is explaining the informants' action in giving their opinion and describing each informant's opinion. Those opinions are positive and negative. Positive opinions point to the overall response and complaints about replies, content, and the media used. Then the opinionindicated in return than is not in accordance with SOP is a 2x24 hour. The opinionsof every informant rooted in the parception of the beckground, as will as the value held. In actualizing Good Government, pemkot yogya has been fulfilling the 3 principle which are: participation principle, transparency and accountabilityen_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectOpinion, Website, UPIK, The experience of informants, Gradesen_US
dc.titleOPINI MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA TERHADAP TANGGAPAN PADA KELUHAN DI WEBSITE UNIT PELAYANAN INFORMASI DAN KELUHAN (UPIK) TAHUN 2017-2018en_US
dc.typeThesis SKR FT 249en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record