Show simple item record

dc.contributor.advisorHAYATI, SAFAAH RESTUNING
dc.contributor.authorSAFITRI, LALE YOMI
dc.date.accessioned2019-07-05T03:25:25Z
dc.date.available2019-07-05T03:25:25Z
dc.date.issued2019-03-13
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27701
dc.descriptionPerkembangan UMKM dari tahun ke tahun semakian meningkat, namun salah satu UMKM yang kurang dilirik yaitu UMKM mebel, seperti pada UMKM mebel di Kecamatan Dlingo, Bantul. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi pelaku UMKM mebel dalam mengembangkan usahanya selama ini serta untuk pencarian alternative metode pengembangan usahanya tersebut berdasarkan ekonomi Islam. Batasan penelitian ini hanya terfokuskan pada usaha kecil dan menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan empat informan utama. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi UMKM tersebut pada pengadaan modal, pengelolaan keuangan, kurangnya inovasi produk dengan trending masa kini, serta lemahnya promosi dan penjualan produk. Dari sekian kendala di atas, terdapat beberapa srategi yang dapat dilakukan, yakni dengan melakukan pelatihan pengelolaan keuangan, peningkatan kreatifitas inovasi produk, peningkatan pemasaran, dan promosi melakukan teknologi.en_US
dc.description.abstractThe development of MSMEs from year to year has been increasing, but one of the less interested MSMEs is furniture SMEs, such as in furniture SMEs in Dlingo District, Bantul. So that this study aims to determine the obstacles faced by furniture SMEs in developing their business so far, and to search for alternative methods of developing their businesses based on Islamic economics. The limitations of this study focus on microenterprises. This study used a qualitative approach with four main informants. The research findings show that the constraints faced by MSMEs are capital procurement, financial management, lack of product innovation with trending today, and weak product promotion and sales. Of the constraints above, several strategies can be done, namely by conducting financial management training, increasing the creativity of product innovation, increasing marketing, and promoting the technology.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectMSMEs, Furniture Industry, Islamic Economicsen_US
dc.titleSTRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) INDUSTRI KREATIF BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAMen_US
dc.title.alternativeStudi Kasus: UMKM Mebel Di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantulen_US
dc.typeThesis SKR FAI 083en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record