EFEKTIVITAS PERAN TUTOR PENGGANTI DALAM PROSES TUTORIAL PBL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Latar Belakang: Tutorial dengan metode Problem-Based Learning (PBL) tak
lepas dari performa seorang tutor dalam memfasilitasi seluruh rangkaian aktivitas
tutorial agar tujuan pembelajaran dapat tercapai (Utami and Aryanty, 2013).
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental,
bersifat observasional analitik dengan rancangan penelitian menggunakan
pendekatan cross sectional. Penelitian ini menilai efektivitas peran tutor dari hasil
miniqiuz (MQ) dan pengisian kuesioner efektivitas peran tutor dengan subjek
penelitian adalah 703 mahasiswa.
Hasil Penelitian: Didapatkan hasil miniquiz (MQ) dan Computer Based Test
(CBT) pada pada sebagian mahasiswa P<0,05 dan sebagian mahasiswa lainnya
P>0,05.
Kesimpulan: Nilai miniquiz (MQ) mahasiswa pada keempat angkatan yang
diteliti tidak dapat digunakan untuk melihat hubungan antara efektivitas peran
tutor pengganti dengan hasil belajar mahasiswa dalam proses tutorial Problem
Based Learning (PBL) di Program Studi Pendidikan Dokter Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta.