Show simple item record

dc.contributor.authorSILALAHI, RIZKY LUTHFIAN RAMADHAN
dc.contributor.authorPUSPITANINGTYAS, OKY KURNIA
dc.contributor.authorDEORANTO, PANJI
dc.date.accessioned2019-07-11T03:55:29Z
dc.date.available2019-07-11T03:55:29Z
dc.date.issued2019-03-09
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27867
dc.descriptionTujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor internal dan faktor eksternal dalam mempengaruhi pemasaran feed supplement unggas, dan merencanakan alternatif strategi yang tepat untuk memasarkan feed supplement unggas. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT, dan pendapat responden pakar. Kuesioner yang digunakan meliputi kuesioner penentuan bobot dan rating SWOT, dengan responden pemilik, dua orang agen pemasaran, dua orang peternak, serta satu orang dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang memiliki pengaruh terbesar terhadap pemasaran feed supplement unggas dari segi kekuatan adalah kualitas produk terjamin dengan skor sebesar 0,5151 dan dari segi kelemahan adalah nama merek produk belum dikenal luas dengan skor sebesar 0,0955. Faktor eksternal yang memiliki pengaruh terbesar terhadap pemasaran feed supplement unggas dari segi peluang adalah adanya kredit usaha dengan skor sebesar 0,3550 dan dari segi ancaman adalah peternak kurang percaya terhadap produk dengan skor sebesar 0,1426. Berdasarkan matriks IE, nilai IFE sebesar 2,51 dan nilai EFE sebesar 2,30 berada pada sel ke-V yaitu pada situasi pertahankan dan pelihara. Alternatif strategi pemasaran feed supplement unggas dari CV WWS Feed antara lain memperluas jaringan pemasaran (ST1), meningkatkan kapasitas produksi (ST2), meningkatkan kegiatan promosi (ST3), meningkatkan teknologi mesin produksi (ST4), mempertahankan kualitas produk (ST5), menjaga hubungan dengan pelanggan (ST6), meningkatkan kerjasama dengan pemasok (ST7), dan membangun kerjasama dengan distributor (ST8).en_US
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor internal dan faktor eksternal dalam mempengaruhi pemasaran feed supplement unggas, dan merencanakan alternatif strategi yang tepat untuk memasarkan feed supplement unggas. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT, dan pendapat responden pakar. Kuesioner yang digunakan meliputi kuesioner penentuan bobot dan rating SWOT, dengan responden pemilik, dua orang agen pemasaran, dua orang peternak, serta satu orang dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang memiliki pengaruh terbesar terhadap pemasaran feed supplement unggas dari segi kekuatan adalah kualitas produk terjamin dengan skor sebesar 0,5151 dan dari segi kelemahan adalah nama merek produk belum dikenal luas dengan skor sebesar 0,0955. Faktor eksternal yang memiliki pengaruh terbesar terhadap pemasaran feed supplement unggas dari segi peluang adalah adanya kredit usaha dengan skor sebesar 0,3550 dan dari segi ancaman adalah peternak kurang percaya terhadap produk dengan skor sebesar 0,1426. Berdasarkan matriks IE, nilai IFE sebesar 2,51 dan nilai EFE sebesar 2,30 berada pada sel ke-V yaitu pada situasi pertahankan dan pelihara. Alternatif strategi pemasaran feed supplement unggas dari CV WWS Feed antara lain memperluas jaringan pemasaran (ST1), meningkatkan kapasitas produksi (ST2), meningkatkan kegiatan promosi (ST3), meningkatkan teknologi mesin produksi (ST4), mempertahankan kualitas produk (ST5), menjaga hubungan dengan pelanggan (ST6), meningkatkan kerjasama dengan pemasok (ST7), dan membangun kerjasama dengan distributor (ST8).en_US
dc.publisherPROGRAM STUDI AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectfeed supplement, pakan unggas, pemasaran, SWOTen_US
dc.titlePERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN FEED SUPPLEMENT UNGGAS DENGAN ANALISIS SWOTen_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record