PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN FEED SUPPLEMENT UNGGAS DENGAN ANALISIS SWOT
View/ Open
Date
2019-03-09Author
SILALAHI, RIZKY LUTHFIAN RAMADHAN
PUSPITANINGTYAS, OKY KURNIA
DEORANTO, PANJI
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor internal dan faktor eksternal dalam
mempengaruhi pemasaran feed supplement unggas, dan merencanakan alternatif strategi
yang tepat untuk memasarkan feed supplement unggas. Penelitian ini menggunakan
analisis SWOT, dan pendapat responden pakar. Kuesioner yang digunakan meliputi
kuesioner penentuan bobot dan rating SWOT, dengan responden pemilik, dua orang agen
pemasaran, dua orang peternak, serta satu orang dari Dinas Peternakan dan Perikanan
Kabupaten Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang memiliki
pengaruh terbesar terhadap pemasaran feed supplement unggas dari segi kekuatan adalah
kualitas produk terjamin dengan skor sebesar 0,5151 dan dari segi kelemahan adalah
nama merek produk belum dikenal luas dengan skor sebesar 0,0955. Faktor eksternal
yang memiliki pengaruh terbesar terhadap pemasaran feed supplement unggas dari segi
peluang adalah adanya kredit usaha dengan skor sebesar 0,3550 dan dari segi ancaman
adalah peternak kurang percaya terhadap produk dengan skor sebesar 0,1426.
Berdasarkan matriks IE, nilai IFE sebesar 2,51 dan nilai EFE sebesar 2,30 berada pada
sel ke-V yaitu pada situasi pertahankan dan pelihara. Alternatif strategi pemasaran feed
supplement unggas dari CV WWS Feed antara lain memperluas jaringan pemasaran
(ST1), meningkatkan kapasitas produksi (ST2), meningkatkan kegiatan promosi (ST3),
meningkatkan teknologi mesin produksi (ST4), mempertahankan kualitas produk (ST5),
menjaga hubungan dengan pelanggan (ST6), meningkatkan kerjasama dengan pemasok
(ST7), dan membangun kerjasama dengan distributor (ST8).