Show simple item record

dc.contributor.advisorNUGROHO, BAMBANG WAHYU
dc.contributor.authorHARTONO, RONALDO CENDRIC PUTRA
dc.date.accessioned2019-07-15T06:59:14Z
dc.date.available2019-07-15T06:59:14Z
dc.date.issued2019-03-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28050
dc.descriptionKarya tulis ini mencoba menjelaskan mengapa Indofood dengan produk unggulan mereka yaitu Indomie menanamkan modal mereka di Serbia. Indomie sebagai salah satu produk unggulan Indonesia milik PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. sudah menjadi favorit masyarakat dalam negeri sebagai produk yang paling sering dibeli.Posisi Indomie di mancanegara juga sudah tersebar di 80 negara dan sudah membangun beberapa pabrik di luar negeri. Indofood melihat kondisi di kawasan Eropa sebagai pasar yang potensial. Guna mempermudah penyebaran produk Indomie hingga pasar Eropa, diperlukan pembangunan pabrik di salah satu negara Eropa. Serbia sebagai salah satu negara di Eropa yang mendukung atas investasi langsung di negaranya menjadikan sebuah pertimbangan bagi perusahaan. Dengan menggunakan konsep Competitive Advantage milik Michael E. Porter serta 4 konsep Stephen D. Cohen yaituMarket-Seeking, Efficiency-Seeking, Resource-Seeking, dan Strategic Asset-Seeking, keputusan Indofood menanamkan modal mereka di Serbia berdasarkan insentif yang di berikan Serbia atas penanaman modal serta entry point guna memasuki pasar Eropa sebagai tujuan awal perusahaan.en_US
dc.description.abstractThis thesis tries to explain why Indofood with its leading product Indomie, invested its capital in Serbia. Indomie as one of Indonesia's leading product owned by PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. is a favorite and highest purchased product domestically. Furthermore, Indomie has also spread in 80 countries and has several factories abroad. Indofood sees conditions in the European region as a potential market. In order to facilitate the distribution of Indomie products to the European market, it is necessary to build a factory in one of the European country. Serbia as one of the countries in Europe that supports Indofood's foreign direct investment in its country, becomes a consideration by the company. Using Michael E. Porter's concept of Competitive Advantage and Stephen D. Cohen's 4 concepts namely Market- Seeking, Efficiency-Seeking, Resource-Seeking, and Strategic Asset- Seeking, Indofood's decision to invest their capital in Serbia was based on incentives provided by Serbia for investment and entry points to enter the European market as the company's initial destination.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectForeign Direct Investment, Investment, Indomie, Indonesia,PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk., Factory, Serbia, Europeen_US
dc.titleEKSPANSI PERUSAHAAN MULTINASIONAL INDONESIA KE EROPA: STUDI KASUS PENANAMAN MODAL ASING LANGSUNG (FDI) PT. INDOFOOD CBP (CONSUMER BRANDED PRODUCTS) SUKSES MAKMUR Tbk. DI SERBIA PADA TAHUN 2016en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 273en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record