Show simple item record

dc.contributor.advisorKHOIRIYATI, AZIZAH
dc.contributor.authorROHMAWATI, NIKEN WAHYU
dc.date.accessioned2016-09-26T06:00:20Z
dc.date.available2016-09-26T06:00:20Z
dc.date.issued2016-08-09
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/2815
dc.descriptionRuang Intensif Care Unit (ICU) merupakan sebuah ruangan khusus untuk merawat pasien yang mengalami keadaan kritis. Di ruang ICU perawat berinteraksi paling sering dengan pasien dan keluarga, untuk berinteraksi perawat perlu melakukan komunikasi yang baik. Komunikasi sering dianggap sebagai sesuatu yang mudah, namun sebenarnya merupakan suatu yang kompleks yang melibatkan tingkah laku, hubungan serta memungkinkan individu bersosialisasi dengan orang lain dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komunikasi perawat di ruang ICU RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit I dan II. Penelitian ini termasuk penelitian jenis deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang meliputidomain komunikasi biopsikosial, domain mengenal pasien secara pribadi, domain berbagi kekuasaan dan tanggung jawab, domain terapi gabungan dan domain komunikasi dengan tim kesehatan lain. Sampel berjumlah 29 perawat yang bekerja di ruang ICU RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta unit I dan II. Gambaran domain komunikasi biopsikososial menunjukkan kategori baik dengan skor rerata 106,6. Gambaran domain komunikasi mengenal pasien secara pribadi menunjukkan kategori baik dengan skor rerata 99,7. Gambaran domain komunikasi berbagi tanggung jawab dan kekuasaan menunjukkan kategori baik dengan skor rerata 101. Gambaran domain Komunikasi terapi gabungan menunjukkan kategori baik dengan skor rerata 104,2. Gambaran komunikasi dengan tim medis menunjukkan kategori baik dengan skor rerata 103,2. Hasil analisis diatas dapat ditarik kesimpulan gambaran komunikasi perawat di ruang ICU berdasarkan lima domain komunikasi perawat berpusat pasien menunjukkan hasil yang baiken_US
dc.description.abstractIntensive Care Unit (ICU) is a special room for treating patients with critical condition. In the ICU nurses interact most frequently with patients and families, interacting nurses need to perform good communication. Communication is often considered as an easy task, but it is actually a complex that involves behavior, relationships and allow people to socialize with other people and the environment. This study aimed to know the discription in the ICU nurse communication RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit I and II. This research was descriptive quantitative with cross sectional approach that includes biopsychocial communication domain, patients personally domain, sharing power and responsibility domain, therapeutic alliance domain and communication with other health team domain. Samples numbered 29 nurses working in the ICU RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta units I and II. Nursing comunication biopsychosocial domain picture shows both categories with a mean score of 106,6. The communication domain patient showed good category with a mean score of 99.7. Communication domain overview of responsibilities and powers showed good category with a mean score of 101. The communications therapeutic alliance domain showed good category with a mean score of 104.2. Overview of communication with the medical team showed good category with a mean score of 103,2. From the analysis above can be deduced discription nurse communication in the ICU based on five domain communication -centered patients showed good results.en_US
dc.publisherFKIK UMYen_US
dc.subjectCommunication, Nurse, ICU. Komunikasi, Perawat, ICUen_US
dc.titleGAMBARAN KOMUNIKASI PERAWAT DI RUANG ICU RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT I DAN IIen_US
dc.typeThesis SKR 279en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record