NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KARAKTER WAYANG PUNAKAWAN DAN RELEVANSINYA DALAM AJARAN ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi dari nilai-nilai pendidikan dalam karakter wayang Punakawan terhadap ajaran Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan menghimpun data dari sumber primer dan sekunder. Metode analisis data berupa konten-analisis dengan menggunakan pendekatan beberapa jurnal yang berkaitan dengan judul pembahasan.
Penelitian ini menghasilkan dua point, yang pertama terdapat beberapa dari karakter wayang Punakawan yang termasuk kategori dalam nilai-nilai pendidikan sehingga layak untuk menjadi bahan edukasi terhadap masyarakat sekitar khususnya dalam dunia pendidikan. Kedua setelah dilakukan pengkajian tentang hubunganya terhadap ajaran Islam, maka semua karakter dari Punakawan yang termasuk sebagai nilai-nilai pendidikan, relevan dalam ajaran Islam, sehingga dapat menjadi pedoman bagi masyarakat indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam.