ANALISIS PERSONAL BRANDING TASYA FARASYA SEBAGAI BEAUTY INFLUENCER MELALUI YOUTUBE
Abstract
Youtube merupakan salah satu media sosial yang memberikan banyak
keuntungan bagi pengguna, salah satunya adalah menjadi media bagi seseorang
untuk dikenal oleh audiens, terutama bagi seseorang yang berprofesi sebagai
Youtubers. Salah satunya adalah Tasya Farasya, seorang beauty influencer dengan
audiens terbanyak di indonesia yang memiliki 2 juta lebih subscribers. Penelitian
ini bertujuan untuk mencari tahu kecenderungan aspek Personal Branding Tasya
Farasya yang ditampilkan pada video-video yang diupload ke akun Youtube
pribadinya. Aspek-aspek yang akan ditinjau sesuai dengan aspek personal
branding yang dicetuskan oleh Montoya dan Vandehey yaitu Spesialisasi,
Kepemimpinan, Perbedaan, Kesatuan, dan Niat Baik. Penelitian ini menggunakan
metode analisis isi kuantitatif dengan melibatkan dua coder untuk mencapai
objektivitas penelitian, selanjutnya hasil coding akan dihitung menggunakan
rumus Holsti. Penelitian ini membuktikan bahwa seluruh video Tasya Farasya
mengandung konsep personal branding yang dapat dilihat secara langsung, dan
keseluruhan konsep personal branding sudah muncul dalam video-videonya.
Berikut persentasi hasil temuan penelitian : Aspek spesialisasi dimensi
kemampuan 20%, Aspek spesialisasi dimensi pelayanan, aspek kepemimpinan
dimensi pengakuan, dan aspek kesatuan 14%, aspek perbedaan dimensi
penampilan 11%, dimensi lifestyle 10%, aspek niat baik 8%, aspek kepemimpinan
dimensi trendsetter 5%, dan aspek spesialisasi dimensi produk 3%.