Show simple item record

dc.contributor.advisorMUCHLISIN, MUCHLISIN
dc.contributor.authorYUSKAZIA, VITARIE
dc.date.accessioned2019-09-05T01:59:58Z
dc.date.available2019-09-05T01:59:58Z
dc.date.issued2019-07-16
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28658
dc.descriptionSeiring dengan meningkatnya aktivitas dan jumlah mahasiswa di UMY dapat menyebabkan banyak masalah lingkungan yang terjadi. Seperti meningkatnya polusi udara dan keterbatasan lahan parkir, langkah yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan jalur sepeda agar dapat mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Dalam penerapan jalur sepeda perlu perancangan dan pemodelan yang tepat demi memaksimalkan fungsi dari jalur sepeda tersebut. Metode pada penelitian ini dilakukan survei dan penyebaran kuisioner kemudian pemodelan menggunakan program PTV. Vissim untuk menganalisa sistem lalu lintas dan kondisi lingkungan yang terjadi. Hasil dari pemodelan pada kondisi eksisting dan setelah penerapan jalur sepeda ini menunjukkan tingkat pelayanan pada kinerja jalan berada pada level of service (LOS) A didapatkan nilai tundaan yang semula 0 detik menjadi 4,72 detik dikarenakan tingginya angka penggunan sepeda dan nilai emisi karbon monoksida (CO) yang semula sebesar 23,15 gram menjadi 3,49 gram, emisi nitrogen oksida (NOx) yang semula sebesar 4,5 gram menjadi 0,68 gram dan emisi senyawa organik menguap yang semula sebesar 0,33 gram menjadi 0,05 gram.en_US
dc.description.abstractSeiring dengan meningkatnya aktivitas dan jumlah mahasiswa di UMY dapat menyebabkan banyak masalah lingkungan yang terjadi. Seperti meningkatnya polusi udara dan keterbatasan lahan parkir, langkah yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan jalur sepeda agar dapat mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Dalam penerapan jalur sepeda perlu perancangan dan pemodelan yang tepat demi memaksimalkan fungsi dari jalur sepeda tersebut. Metode pada penelitian ini dilakukan survei dan penyebaran kuisioner kemudian pemodelan menggunakan program PTV. Vissim untuk menganalisa sistem lalu lintas dan kondisi lingkungan yang terjadi. Hasil dari pemodelan pada kondisi eksisting dan setelah penerapan jalur sepeda ini menunjukkan tingkat pelayanan pada kinerja jalan berada pada level of service (LOS) A didapatkan nilai tundaan yang semula 0 detik menjadi 4,72 detik dikarenakan tingginya angka penggunan sepeda dan nilai emisi karbon monoksida (CO) yang semula sebesar 23,15 gram menjadi 3,49 gram, emisi nitrogen oksida (NOx) yang semula sebesar 4,5 gram menjadi 0,68 gram dan emisi senyawa organik menguap yang semula sebesar 0,33 gram menjadi 0,05 gram.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectJalur sepeda, PTV. Vissim, UMY, Yogyakartaen_US
dc.titlePEMODELAN RENCANA PENERAPAN JALUR SEPEDA DENGAN SOFTWARE PTV VISSIM (STUDI KASUS PERENCANAAN JALUR SEPEDA KAMPUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)en_US
dc.typeThesis SKR FT 330en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record