Show simple item record

dc.contributor.advisorHAPSARI, TWEDIANA BUDI
dc.contributor.authorAZIZ, LUTFI ABDUL
dc.date.accessioned2019-10-03T06:52:20Z
dc.date.available2019-10-03T06:52:20Z
dc.date.issued2019-03-18
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29363
dc.descriptionFilm merupakan salah satu media yang dapat dijadikan media dakwah oleh sutradara dalam menyampaikan sebuah pesan kepada penontonnya. Lewat sebuah film seorang sutradara bisa memasukkan nilai-nilai agama untuk diteladani penonton lewat dialog-dialog antar tokoh di dalam scene. Perlu adanya perhatian khusus dalam penyampaian pesan kepada orang lain agar pesan tersebut dapat diterima dengan baik karena setiap situasi yang dihadapi akan selalu berada dan pelaku dakwah dituntut untuk bisa membaca situasi tersebut karena orang lain juga akan ikut menentukan keberhasilan dari dakwah itu sendiri. Seperti halnya Guntur Soeharjanto dalam setiap karya nya menjadi best seller. Salah satunya adalah film Ayat-Ayat Cinta 2. Penelitian ini menganalisis islamophobia yang ada di film tersebut dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana cara men-counter islamophobia itu sendiri. Ada pun manfaat dalam penelitian ini yaitu diharapkan kita lebih memperhatikan dan memilih cara yang tepat dalam menyampaikan pesan kepada orang lain serta diharapkan peneliti ini mampu memberikan masukan untuk bisa memanfaatkan media dalam membantu menyampaikan islam yang baik. Penelitian ini merupakan kualitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes yang khas dengan petanda dan penanda serta makna konotasi dan denotasi nya.en_US
dc.description.abstractA film is one of the media that used as a medium of da'wah by the director in delivering messages to the audience. Through a film, a director can incorporate religious values to be imitated by the audience through dialogues between characters in the scene. As with Guntur Soeharjanto with his bestseller film work, Ayat-Ayat Cinta 2. Therefore, this research aims to analyze Islamophobia in the film to know how to counter Islamophobia itself. The benefits of this study directed to the public so they can pay attention and choose the right way to convey messages to others. Furthermore, this research is expected to provide recommendations on the use of media to support good Islamic broadcasting. This study uses a qualitative approach. The analysis used is Roland Barthes's semiotic analysis with its signified and signifier and the connotation and denotation meaningsen_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectIslamophobia, Film, Analysis of Roland Barthes.en_US
dc.titleCOUNTER TERHADAP ISLAMOPHOBIA DALAM FILM AYAT-AYAT CINTA 2en_US
dc.title.alternative(ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)en_US
dc.typeThesis SKR 118en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record