dc.contributor.advisor | SHODIQ, SADAM FAJAR | |
dc.contributor.author | SAPUTRI, APRILIA | |
dc.date.accessioned | 2019-10-09T07:12:17Z | |
dc.date.available | 2019-10-09T07:12:17Z | |
dc.date.issued | 2019-07-05 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29544 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menggambarkan konsep integrasi pendidikan Islam dan sains menurut Isma’il Raji al-Faruqi, dan menemukan implikasi terhadap dunia pendidikan yang ada di Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan menghimpun data dari sumber primer dan sekunder. Metode analisis data berupa deskriptif-analitik dengan menggunakan pendekatan historis-filosofis.
Dalam kesimpulan karya ilmiah ini, konsep integrasi pendidikan Islam dan sains menurut Isma’il Raji al-Faruqi yaitu memadukan antara keduanya agar tidak terjadi dikotomis ilmu pengetahuan. Adanya integrasi anatara ilmu pengetahuan Islam dan sains ini berdampak pada pendidikan yang ada di Indonesia, yaitu dalam hal kurikulum, bisa dilihat bentuk penyusunan silabus, yakni epistemologi dan etika, di dalam proses belajar mengajar, sementara dibidang pendidikan agama dan sosial, dengan adanya pandangan integratif ini, para siswa akan lebih menghargai keberagaman agama dan berpikir secara universal. | en_US |
dc.description.abstract | This research aims at revealing and describing the integration concept of Islam and science education according to Isma’ilRaji al- Faruqi, as well as finding out its the implication towards education in Indonesia.
This research is library research in nature. The data collection technique was documentation by collecting them from primary and secondary resources. The data analysis method was descriptive analytic with historical- philosophical approach.
In the conclusion of this scientific work, the integration concept of Islam and science education according to Isma’ilRaji al- Faruqi is by integrating both of them so that there is no dichotomy in science. The integration of Islam and science has impact on education in Indonesia, namely in curriculum, that can be seen from the syllabus making, i.e. epistemology and ethics in teaching learning process. Meanwhile, in religion and social education, with this integrative point of view, students will more respect religion diversity and think universally. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | integration concept, Islam education, science, Isma’ilRaji al- Faruqi | en_US |
dc.title | KONSEP INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM DAN SAINS MENURUT ISMA’IL RAJI AL-FARUQI | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
303 | en_US |