Show simple item record

dc.contributor.advisorSAUD, ILHAM MAULANA
dc.contributor.authorMAKRUF, MUHAMMAD ANNAS
dc.date.accessioned2019-10-24T07:49:36Z
dc.date.available2019-10-24T07:49:36Z
dc.date.issued2019-03-29
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29994
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi UMKM mengambil pembiayaan syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengetahuan produk, prinsip bagi hasil, persepsi riba, religiusitas, perencanaan strategis. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan UMKM mengambil pembiayaan syariah. Variabel moderasi dalam penelitian ini adalah religiusitas. Populasi dari penelitian ini adalah UMKM yang berada di wilayah D.I. Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan SPSS 15.0 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan produk tidak berpengaruh terhadap keputusan UMKM mengambil pembiayaan syariah, prinsip bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan UMKM mengambil pembiayaan syariah, persepsi riba berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan UMKM mengambil pembiayaan syariah, religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan UMKM mengambil pembiayaan syariah, dan perencanaan strategis tidak berpengaruh terhadap keputusan UMKM mengambil pembiayaan syariah, religiusitas tidak memperkuat pengaruh prinsip bagi hasil terhadap keputusan UMKM mengambil pembiayaan syariah, religiusitas tidak memperkuat pengaruh persepsi riba terhadap keputusan UMKM mengambil pembiayaan syariah. Kata Kunci : Pengetahuan Produk, Prinsip Bagi Hasil, Persepsi Riba, Religiusitas, Perencanaan Strategis.en_US
dc.description.abstractThis study aims to analyze the factors that effect UMKM taking sharia financing with religiosity as a moderating variable. The independent variables in this study are product knowledge, the principle of profit sharing, perceive of riba, religiosity, and strategic planning. The dependent variable in this study is the decision of UMKM to take sharia financing. The moderating variable in this study is religiosity. The population of this study is UMKM in the region D.I Yogyakarta. The sampling technique used in this study was purposive sampling. The analysis used in this study is multiple linear regression with SPSS 15.0 The results of this study indicate that product knowledge does not affect the decision of UMKM to take sharia financing, the principle of profit sharing has a positive and significant effect on the decisions of UMKM to take sharia financing, the perceive of riba has a positive and significant effect on the decisions of UMKM to take sharia financing, religiosity has a positive and significant effect on decisions UMKM take sharia financing, and strategic planning does not affect the decision of UMKM to take sharia financing, religiosity does not strengthen the effect of the principle of profit sharing on MSME decisions taking sharia financing, religiosity does not strenghthen the effect of perceive of riba of UMKM decisions in taking sharia financing.en_US
dc.publisherFAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectProduct Knowledge, Principles of Profit Sharing, Usury Perception, Religiosity,StrategicPlanning.en_US
dc.titleANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UMKM MENGAMBIL PEMBIAYAAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASIen_US
dc.title.alternative(Studi Empiris Pada UMKM yang Mengambil Pembiayaan Pada Baitul Maal Wat Tamwil di Provinsi D.I. Yogyakarta)en_US
dc.typeThesis SKR FE 425en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record