STRATEGI REBRANDING RISCHOCO DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA TAHUN 2016-2018
Abstract
Perkembangan dunia kreatif di indonesia khususnya Yogyakarta semakin berkembang pesat. Salah satu industri kreatif yang sangat berkembang adalah bidang kuliner. Salah satunya adalah Rischoco. Rischoco adalah brand makanan yang menyajikan risoles dan camilan kekinian dengan aneka macam rasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi rebranding yang dilakukan oleh rischoco untuk meningkatkan brand awareness.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, peneliti mengumpulkan informasi mengenai suatu gejala dengan melakukan wawancara, dokumentasi, dan data pendukung yang disampaikan pada saat melakukan penelitian. Sedangkan untuk informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan strategi rebranding yang dilakukan oleh Rischoco dalam meningkatkan brand awareness kepada masyarakat. Strategi yang digunakan adalah dengan cara soft selling untuk program give away dan hard selling untuk program promo yang dilakukan oleh Rischoco. Selain itu perubahan brand identity yang dilakukan Rischoco juga memberi dampak dengan ditandai meningkatnya penjualan.