STRATEGI PROMOSI PT TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN & RATU BOKO DALAM MENGINDUKSI PENINGKATAN JUMLAH PENGUNJUNG CANDI BOROBUDUR MELALUI EVENT HIMBARA BOROUBUDUR SYMPHONY TAHUN 2018
Abstract
Dalam penelitian yang dilakukan ini, PT Taman Wisata Candi Borobudur,
Prambanan dan Ratu Boko menyelenggarakan event bertaraf Internasional. Event
yang bertajuk Himbara Borobudur Symphony tahun 2018 ini menyuguhkan
penampilan dari diva Internasional yaitu Mariah Carey. Event ini diselengarakan
bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan daya kunjung terhadap Candi
Borobudur di kancah Nasional maupun Internasional.
Penelitian ini menggunakan kerangka teori strategi promosi. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan dianalisis dengan cara kualitatif.
Sumber data dalam penelitian ini diambil dari hasil wawancara dan dokumendokumen
yang relevan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukan, event Himbara Borobudur Symphony tahun
2018 yang diselenggarakan oleh PT TWC BPRB memberi dampak pada
peningkatan pengunjung setelah event itu berlangsung. Event yang dihadiri oleh
seluruh elemen masyarakat dari berbagai daerah dan negara ini menjadi stimulant
untuk menarik kunjungan ke Candi Borobudur. Event ini akan diselenggarakan
setiap tahun atau bisa dikatakan menjadi annual event dari pihak PT TWC BPRB
yang dilaksanakan di Candi Borobudur.