PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS KONSUMEN (Studi pada Pengguna Kartu Perdana Telepon Seluler Simpati di Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen. Subjek penelitian ini adalah studi pada pengguna kartu perdana telepon selular Simpati di Yogyakarta yang telah menggunakan layanan Simpati selama 1 tahun dan berumur lebih dari 18. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 140 respondenyang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan analisis diperoleh hasil Bahwa Customer Relationship Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Customer Relationship Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen, Kepuasan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen, Kepuasan Konsumen memediasi pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Konsumen.