PROSES KREATIF PENYAMPAIAN PESAN DALAM PENYUTRADARAAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SUPORTER SEPAK BOLA INDONESIA
Abstract
Sebagai olahraga yang digandrungi di seluruh dunia, sepak bola tumbuh tak lagi hanya menjadi sebuah olah raga, tapi bagi kelompok yang sangat fanatik terhadapnya sepakbola menjadi sebuah perlambang identitas dan budaya. Di Indonesia sendiri, fanatisme tersebut tumbuh kearah yang lebih ekstrim, yaitu holiganisme. Akibat holiganisme yang kemudian bergerak menjadi anarkisme tersebut, setidaknya anarkisme akibat sepak bola sudah merenggut 57 nyawa warga Indonesia sampai tahun 2017. Pendekatan dengan struktural baik dari pemerintah maupun PSSI telah dilakukan dari beberapa tahun silam, tapi nyatanya gesekan antar suporter sampai tahun 2017 masih tetap timbul, kemudian pada pertengahan 2017 pemerintah mencoba perdamaian antar suporter tersebut dengan pendekatan kultural, yaitu dengan mengadakan berbagai event untuk membuat suporter saling merangkul satu sama lain. Iklan layanan masyarakat ini diciptakan untuk mendukung gerakan pemerintah dalam pendekatan kultural terhadap suporter sepak bola Indonesia. Sedangkan media yang dipilih adalah media online, karena dinilai sangat dekat dengan target audiens yang dituju. Untuk perancangannya, penciptaan karya ini terfokus pada bagaimana proses kreatif penyampaian pesan yang dilakukan oleh sutradara agar bisa menyampaikan Iklan Layanan Masyarakat tersebut menjadi seperti yang dituju dan tepat guna.