EVALUASI PROGRAM MICRO TEACHING PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: 1) Latar belakang terbentuknya program micro teaching, 2) Persiapan program micro teaching, 3) Proses atau pelaksanaan program micro teaching, dan 4) Keberhasilan program micro teaching di Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif ex-pose facto. Menggunakan pendekatan penelitian mixed method, dengan model penelitian CIPP. Subjek penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam semester 5 tahun akademik 2017/2018. Data dikumpulkan dengan cara observasi video, wawancara, dokumentasi, serta angket. Teknik analisis data menggunakan teori Miler dan Huberman yang dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik deskriptif kuantitatif.
Setelah dilakukan analisis data, maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Program micro teaching merupakan implementasi dari regulasi atau kurikulum Pendidikan Agama Islam, salah satu tujuannya adalah untuk memberikan bekal kepada mahasiswa yang akan terjun ke sekolah-sekolah. Dalam hal ini latar belakang program memiliki penilaian kurang baik, 2) Dari aspek persiapan program, maka sudah berada pada kategori cukup, 3) Dari aspek pelaksanaan program memiliki penilaian baik karena sudah memenuhi tiga hal yaitu adanya rencana mencapai tujuan, implementasi program, dan adanya cara mengatasi masalah dalam program, 4) Keberhasilan program micro teaching memiliki penilaian baik. Sehingga dari semua aspek evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) maka program micro teaching Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sudah berada pada kategori Cukup Baik.