dc.contributor.author | AZZAH ZUHDIYAH, NISA | |
dc.date.accessioned | 2020-01-23T06:02:35Z | |
dc.date.available | 2020-01-23T06:02:35Z | |
dc.date.issued | 2019-11-13 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31274 | |
dc.description | Penelitian ini membahas tentang keefektifan media audio visual dalam
penguasaan Mufradat Bahasa Arab pada siswi kelas VIIB di SMP IT Bina Umat
tahun ajaran 2018-2019 sejumlah 39 siswi. Fokus kajian dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui keefektifan dari sebuah media audio visual untuk penguasaan
mufradat dan respon siswa terhadap media terseebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan pendekatan kuantitatif, sehingga dalam penelitian ini subjek penelitian
dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
(pretest-postest control group design). Teknik pengumpulan data berdasarkan pada
tes dan angket. Hasil data diolah secara statistik dengan menggunakan Uji Mann
Whitney (sebagai alternatif dari uji independen sample t-test karena penelitian tidak
berdistribusi normal/homogen) dan Uji Normalized Gain untuk mengetahui
signifikasi penguasaan kosakata kedua kelompok penelitian.
Berdasarkan hasil perhitungan data diperoleh Asym. Sig. <0,05 hipotesis
diterima dan Asym. Sig. >0,05 hipotesis ditolak, maka ada perbedaan hasil belajar
antara kelas eksperimen dan hasil belajar kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan ratarata
yang
diperoleh
melalui
normalized gain pada kelas eksperimen adalah 79,6.
Angka tersebut menunjukkan pembelajaran pada kelas eksperimen dengan
menggunakan media audio visual termasuk dalam kategori efektif. Sedangkan pada
kelas kontrol juga memiliki kriteria keefektifan sebesar 38,8 termasuk dalam
kategori tidak efektif. Berdasarkan hasil analisis angket, respon siswa mengenai
media audio visual yaitu, media audio visual sangat menyenangkan, sangat
membuat semangat, mempermudah, dan efektif dalam penguasaan mufradat
Bahasa Arab. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini membahas tentang keefektifan media audio visual dalam
penguasaan Mufradat Bahasa Arab pada siswi kelas VIIB di SMP IT Bina Umat
tahun ajaran 2018-2019 sejumlah 39 siswi. Fokus kajian dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui keefektifan dari sebuah media audio visual untuk penguasaan
mufradat dan respon siswa terhadap media terseebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan pendekatan kuantitatif, sehingga dalam penelitian ini subjek penelitian
dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
(pretest-postest control group design). Teknik pengumpulan data berdasarkan pada
tes dan angket. Hasil data diolah secara statistik dengan menggunakan Uji Mann
Whitney (sebagai alternatif dari uji independen sample t-test karena penelitian tidak
berdistribusi normal/homogen) dan Uji Normalized Gain untuk mengetahui
signifikasi penguasaan kosakata kedua kelompok penelitian.
Berdasarkan hasil perhitungan data diperoleh Asym. Sig. <0,05 hipotesis
diterima dan Asym. Sig. >0,05 hipotesis ditolak, maka ada perbedaan hasil belajar
antara kelas eksperimen dan hasil belajar kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan ratarata
yang
diperoleh
melalui
normalized gain pada kelas eksperimen adalah 79,6.
Angka tersebut menunjukkan pembelajaran pada kelas eksperimen dengan
menggunakan media audio visual termasuk dalam kategori efektif. Sedangkan pada
kelas kontrol juga memiliki kriteria keefektifan sebesar 38,8 termasuk dalam
kategori tidak efektif. Berdasarkan hasil analisis angket, respon siswa mengenai
media audio visual yaitu, media audio visual sangat menyenangkan, sangat
membuat semangat, mempermudah, dan efektif dalam penguasaan mufradat
Bahasa Arab. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Audio Visual, Media, Mufradat, Penelitian Eksperimen, Penguasaan Mufradat Bahasa Arab | en_US |
dc.title | KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENGUASAAN MUFRADHAT BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS VII DI SMP IT BINA UMAT TAHUN AJARAN 2018/2019 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |