Department of Arabic Education
Browse by
Recent Submissions
-
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION TERHADAP PENINGKATAN MAHARAH KALAM BAHASA ARAB SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020
(FPB UMY, 2020)يتناول هذا البحث فعالية طريقة التحفيظ والتقليد مطبقة لطالب الصف الرابع في املدرسةاالبتدائية أمباركتوانج الثالثةيوكياكرتا في ترقيةمهارةكالمهم باللغةالعربية. و تحدد الباحثةعينة بحثها بخمسة و ستين طالبا. و استخدمت الباحثة ... -
KETERKAITAN ANTARA AKTIVITAS MENGHAFAL ALQUR’AN DAN KEMAMPUAN QIRA’AH MAHASISWA (STUDI DESKRIPTIF PADA MAHASISWA SEMESTER 1 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNVIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
(FPBUMY, 2020)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas menghafal Al-Qur’an dan tingkat kemampuan qira’ah mahasiswa semester 1 di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019, ... -
ادراكال تل ميذ على استخدام كاهوت )KAHOOT(كوسيلة تعليم اللغه العربية لدى تلميذ الصف الثامن فيمدرسةمعلماتمحمديةيوكياكرتا السنةالدراسي
(FPB UMY, 2020)Zera ilhami, perspsi siswa terhadap kahoot sebagai media pembelajaran bahasa arab kelas viii mu’alimat yogyakarta tahun 2018-2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap Kahoot sebagai media ... -
ثطبيق طزيقة جيكسو بحقىيات الحعلم الحعاووي لترقية مهارة الكالم العزبية ]دراسة ثجزيبية في الصف السابع بمعهد الححفيظ يومي يوكياكزثا الساهة الدراسية
(FPB UMY, 2020)Pembelajaran Bahasa Arab memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai, untuk mempelajari islam, untuk bisnis, diplomatik, wisata lain sebagainya. Disamping itu untuk mempelajari Bahasa Arab perlu metode-metode yang ... -
PRESTASI MAHARAH KITABAH BAHASA ARAB ANTARA SISWA KELAS 2 SMP PONDOK PESANTREN MODERN DAARUL HUDA PADA ALUMNI SEKOLAH DASAR NEGERI DAN MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN AJARAN 2019/ 2020 : STUDI KOMPARASI
(FPB UMY, 2020)Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui prestasi Maharah Kitabah/ Imla di kelas 2 Pondok Pesantren Modern Daarul Huda, sebagian dari mereka alumni Sekolah Dasar Negeri dan Madrasah Ibtidaiyyah. Metode yang penulis ... -
2018 - 2019 رسالةالبحث تحليل بنوداالختباراليومي لدرساللغةالعربيةفيالفصل الثالث باملدرسةاإلبتدائيةاملحمدية سيدوأروم يوكياكرتا للسنةالدراسية
(FPB UMY, 2020)Malikhatun Nasikhah, “Analisis Butir Soal Ulangan Harian Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas III SD Muhammadiyah Sidoarum Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Pendidikan ... -
PENERAPAN BERMAIN GAMBAR TEMATIK DALAM MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL QUDWAH POGUNG YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018 – 2019
(FPB UMY, 2020)Latar Belakang: Berdasarkan hasil observasi di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Qudwah Pogung Yogyakarta 2018-2019, Masih ditemukan guru yang menggunakan metode ceramah, dalam penyampaian materi kepada siswa, sehingga ... -
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BUKU “AL-ARABIYAH BAINA YADAIK” SEBAGAI SUMBER BAHAN AJAR DI SEMESTER SATU KELAS A MATA KULIAH ISTIMA’ WAL KALAM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUAHAMMADIYAH YOGYAKARTA 2019-2020
(FPB UMY, 2020)Efektifitas pengunaan buku “Al-Arabiyah Baina Yadaik” jilid 1 sebagai sumber bahan ajar di mahasiswa semester 1 kelas A dalam mata kuliah istima’ wal kalam prodi Pendidikan Bahasa Arab universitas Muhammadiyah Yogyakarta ... -
PROBLEMATIKA RENDAHNYA KEMAMAMPUAN MAHASISWA SEMESTER TIGA DALAM BERBICARA BAHASA ARAB PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019 - 2020
(FPB UMY, 2020)Ahad hilman Fattaya ( 20160820025 ) ,judul : problematika minimnya skill berbahasa Arab mahasiswa Semester tiga Prodi Pendidikan Bahasa Arab kelas A tahun ajaran 2019 -2020, dalam abstrak ini peneliti akan menjelaskan ... -
EFEKTIVITAS TEKNIK PERMAINAN MENCOCOKKAN KATA BAHASA ARAB DAN GAMBAR SISWA KELAS III SDIT INSAN UTAMA BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019 : PENELITIAN EKSPERIMEN DAN KONTROL
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan teknik permainan mencocokkan kata dan gambar, (2) dan meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab setelah pemberian treatment. Sampel ... -
STUDI EKSPERIMEN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATAN KOSA KATA ARAB SISWA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH BOROBUDUR TAHUN 2018-2019
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-11)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari studi eksperimen dan penerapan metode brnyanyi untuk meningkatkan kosa kata Arab siswa kelas empat di SD Muhammadiyah Borobudur tahun ajaran 8102l8102. Penelitian ini ... -
PENERAPAN MEDIA KOTAK BARANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYYAH SENGGOTAN BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-11)Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran bahasa Arab dan kurangnya minat siswa kelas IV SD Muhammadiyyah Senggotan Bantul dalam mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti ... -
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA STUDI EKSPERIMEN: DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 NGABEAN YOGYAKARTA TAHUN 2018-2019
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-11)Latar belakang: Berawal dari akar masalah yang disampaikan oleh guru pengajar bahasa arab SD Muhammadiyah 2 Ngabean bahwa siswa SD kelas 4 mengalami penurunan prestasi belajar terutama dalam hal penguasaan kosa kata baru ... -
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2019-2020
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2020-01-17)Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kegiatan pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah Kasihan Bantul tahun ajaran 2019-2020، untuk mengetahui problematika pembelajaran bahasa ... -
PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL (ANIMASI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSA -KATA BAHASA ARAB SISWA TK PGRI PASERAMAN ARJASA SUMENEP TAHUN 2018/2019
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-12-20)Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan media audio visual (animasi) dalam proses pembelajaran bahasa arab di dalam kelas TK PGRI Paseraman Arjasa tahun 2018/2019, terkait pemanfaatan media audio visual ... -
KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENGUASAAN MUFRADHAT BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS VII DI SMP IT BINA UMAT TAHUN AJARAN 2018/2019
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-11-13)Penelitian ini membahas tentang keefektifan media audio visual dalam penguasaan Mufradat Bahasa Arab pada siswi kelas VIIB di SMP IT Bina Umat tahun ajaran 2018-2019 sejumlah 39 siswi. Fokus kajian dari penelitian ini ... -
نتائج تعليم اللغة العربية باستخدام الطريقة الانتقائية )دراسة مقارنة في الفصل الحادي عشر بين المدرسة العالية معلمات المحمدةة ةوكياكرتا )8102/ والمدرسة العالية نور الأمة ةوكياكرتا السنة الدراسية 8102
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-03-06)تهدف هذه الدراسة لمعرفة ما كانت هناك اختلافات في نتائج التعليم باللغة العربية مع الطريقة الانتقائية في الفصل الحادي عشر في المدرسة العالية معلمات المحمدةة ةوكياكرتا والمدرسة العالية نور الأمة ةوكياكرتا. والتي تشمل: فعالية ... -
رسالة البحث فعاليّة وحدة أنشطة الطلبة "المجدّد " في تطوير مهارة الكلام غة العربيّة كأعضاء وحدة ّ ) الدراسة التحليليّة عند طلاب قسم التعليم الل أنشطة طلبة بجامعة ) 8102 – محمّديّة يوكياكرتا 810
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-03-06)أوكتافا نوهي زهرة محمّد, فعاليّة وحدة أنشطة الطلبة "المجدّد " في تطوير مهارة الكلام ) الد راسة التحليليّة عند الطلاب قسم التعليم اللغة العربيّة كأعضاء وحدة أنشطة الطلبة بجامعة محمّديّة )8102- يوكياكرتا 8102 غات بجامعة ... -
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/ 2019
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-11)Dalam skripsi ini dibahas tentang pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru bahasa Arab terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk ... -
استخدام وسيلة كتاب قصة المصور ة فى تعلم القراءة لط لب المدرسة المتوسطة محمدية 6 يوكياكرتا فى المستوى السابع فى السنة الدراسة م 7102 - م 7102 : دراسة تجريبية قبلية و بعدية
(FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-10)ثالث نازلد الذكرى 70002 م - 70002 م، استخدام وسيلة القصة المصورة لازدياد قراءة الطلبة من المستوى السابع A بالمدرسة المتوسطة المحمدية 6 يوجياكارتا 7002 م- 7002 م ، تعليم اللغة العربية ، كلية التربية اللغوية ، جامعة محمدية ...