PENGARUH TINGKAT KESUKSESAN PENDIDIKAN ETIKA DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PENILAIAN ETIS MAHASISWA: LOCUS OF CONTROL SEBAGAI PEMODERASI KESUKSESAN PENDIDIKAN ETIKA TERHADAP PENILAIAN ETIS
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian primer yang bertujuan untuk mengetahui apakah kesuksesan pendidikan etika, religiusitas dan kesuksesan pendidikan etika yang dimoderasi oleh locus of control dapat mempengaruhi penilaian etis mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan metode purposive sampling dalam pengumpulan sampelnya. Jumlah sampel yang dapat diolah adalah 101 dari 140 sampel yang terkumpul dan selanjutnya diolah menggunakan SPSS v.25 untuk pengujian hipotesis serta persamaaan regresinya. Penelitian ini menemukan bahwa orientasi religi motivasi intrinsik berpengaruh positif dan siginifikan terhadap penilaian etis mahasiswa, sedangkan variabel tingkat kesuksesan pendidikan etika, orientasi motivasi religi ekstrinsik dan moderasi locus of control kepada kesuksesan pendidikan etika terhadap penilaian etis tidak berpengaruh dan tidak signifikan.