KESADARAN DAN PERSEPSI UMKM PADA INSTRUMEN FINTECH: CROWDFUNDING DAN PEER TO PEER LENDING
Abstract
Instrumen FinTech (Crowdfunding dan P2P Lending) merupakan instrumen pinjaman berbasis teknologi yang sedang marak akhir-akhir ini. Penelitian ini bertujuan apakah dengan model AIDA yang ada dapat meningkatkan kesadaran serta persepsi para pelaku UMKM industri makanan di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner pada sampel dengan populasi yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya dengan model AIDA mampu meningkatkan kesadaran dan presepsi pelaku UMKM. Dimana yang awalnya para responden mempunyai tingkat kesadaran dan persepsi yang rendah disebabkan masih sangat kurang edukasi serta citra yang kurang baik pada FinTech (Crowdfunding dan P2P Lending) menjadi lebih meningkat ketika peneliti menjelaskan mengenai FinTech (Crowdfunding dan P2P Lending) dan menyajikan kuesioner dengan poin-poin yang telah disusun oleh peneliti.