PENGARUH UKURAN KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, UMUR PERUSAHAAN, PROFTABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SERTA DAMPAKNYA TERHADAP REAKSI PASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran komisaris independen, kepemilikan manajerial, ummur perusahaan, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility serta dampaknya terhadap reaksi pasar. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) pada tahun 2017-2018. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan metode purposive sampling, jumlah sampel perusahaan yaitu 58 perusahaan. Alat analisis untuk menguji hipotesis yaitu analisis regresi dengan menggunakan program SPSS 25.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibilityy. Sedangkan variabel kepemilikan manajerial, umur perusahaan, ukuran perusahaan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility dan dampak pengungkapan corporate social responsibility pada abnormal return tidak terdapat pengaruh yang signifikan.