Show simple item record

dc.contributor.authorAstuti, Mustika
dc.date.accessioned2020-02-05T02:00:35Z
dc.date.available2020-02-05T02:00:35Z
dc.date.issued2019-11-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31472
dc.descriptionLatar belakang: Prinsip lean management adalah menghilangkan waste dan bagaimana mengubah prosedur yang cukup fleksibel untuk perbaikan yang efektif guna mencapai standar dengan melibatkan karyawan. Akreditasi Rumah sakit merupakan sebuah pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada manajemen rumah sakit, karena telah memenuhi standar yang ditetapkan. Untuk mencapai standar tersebut dibutuhkan upaya agar implementasinya mudah dan menyenangkan, sehingga kontinuitasnya perlu dijaga agar menjadi budaya kerja. Tujuan : untuk menganalisis penggunaan lean management dalam implementasi standar akreditasi rumah sakit. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan design action research di rumah sakit, dan merupakan penelitian tindakan partisipatory. Hasil penelitian : penggunaan lean management dapat meningkatkan implementasi akreditasi pada standar Manajemen Komunikas dan Edukasi 11, dengan menggunakan visual management yaitu memasang penanda sehingga memudahkan unit untuk menyelesaikan permasalahan dan akhirnya menjadi budaya kerja.en_US
dc.description.abstractThe principle of lean management is to eliminate waste and how to change flexible procedures for effective improvement to achieve standards by involving employees. Hospital Accreditation is an acknowledgment given by the government to hospital management, because it has met the standards set. Efforts are needed to achieve these standards, so that the implementation is easy and fun. It needs to keep its continuity so that it becomes a work culture. The purpose of study was to analyze the use of lean management in the implementation of hospital accreditation standards. Method of this research is a qualitative study. It is a participatory action research design in a hospital. The results of the study, the use of lean management can improve the implementation of accreditation in the Management of Communication and Education standard, specifically on proof of verification to ensure patients and families can understand the educational material provided by using visual management, by putting signs to facilitate the unit to solve problems easily and eventually become a work culture at Muhammadiyah Hospital in Yogyakartaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMAGISTER ADMINISTRASI RUMAH SAKIT PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectlean managementen_US
dc.subjectaccreditationen_US
dc.subjectvisual managementen_US
dc.subjectcultureen_US
dc.titlePENERAPAN LEAN MANAGEMENT DALAM IMPLEMENTASI AKREDITASI RUMAH SAKIT DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record