PROSES KREATIF PT MARA ADVERTISING DALAM MERANCANG DAN MENGAPLIKASIKAN LOGO ATMA JOGJA DI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA
Abstract
PT.Mara advertising merupakan salah satu dari banyaknya perusahaan periklanan yang berada di Yogyakarta. Mara berdiri sejak 25 Maret 1984 dengan nama Mara Visual Art. Dalam perkembangannya Mara melebarkan sayapnya menjadi full service agency yang tidak hanya melayani promosi media luar ruang saja. Penelitian ini mencoba mengkaji proses kreatif yang dilakukan oleh PT.Mara Advertising dalam merancang dan mengaplikasikan logo atma jogja di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana hasil dari penelitian ini mencoba memaparkan proses yang dilakukan oleh PT. Mara Advertising dalam merancang dan mengaplikasikan logo. Sumber data dalam penelitian ini merupakan hasil wawancara dengan narasumber tekait dan dokumentasi berupa arsip atau dokumen yang berkaitan dengan proses perancangan dan pengaplikasian logo. Hasil penelitian ini menunjukan proses yang dilakukan oleh PT.Mara Advertising sudah cukup baik terlihat dari output yang diberikan oleh PT. Mara Advertising kepada Universitas Atma Jaya Yogyakarta yaitu brandbook yang berfungsi sebagai panduan dan aturan dalam menggunakan logo.