PERSEPSI PETANI KOPI DALAM MEMILIH BANK SYARIAH (Studi Kasus Petani Kopi di Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah secara parsial serta simultan faktor lokasi, promosi, kualitas layanan, produk, bagi hasil, pengetahuan, pendidikan berpengaruh terhadap persepsi petani kopi dalam memilih bank syariah. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh petani kopi di Kecamatan Kledung dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan jenis data primer dan sekunder. Uji instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa secara parsial faktor promosi, kualitas layanan, produk, bagi hasil serta pengetahuan berpengaruh secara positif dan signifikan, namun faktor lokasi dan pendidikan berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan. Sedangkan secara simultan faktor lokasi, promosi, kualitas layanan, produk, bagi hasil, pengetahuan serta pendidikan bersama-sama saling berpengaruh terhadap persepsi petani kopi dalam memilih bank syariah.