Show simple item record

dc.contributor.authorMUTHAHHARI, MUHAMMAD
dc.date.accessioned2020-02-07T08:02:21Z
dc.date.available2020-02-07T08:02:21Z
dc.date.issued2020-01-30
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31563
dc.descriptionTujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti niat perilaku penggunaan TIK di kalangan UMKM di Yogyakarta. Berdasarkan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), penelitian ini menguji apakah performance expectancy, effort expectancy, dan social influence merupakan anteseden penting untuk menjelaskan niat menggunakan TIK pada UMKM. Penelitian ini juga menguji dua variabel moderasi yaitu propensity to act dan precipitating event. Sampel dalam penelitian ini adalah 164 pemilik UMKM di Yogyakarta dengan teknik purposive dan dianalisis menggunakan pemodelan persamaan struktural (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa performance expectancy dan effort expectancy secara signifikan memengaruhi niat untuk menggunakan TIK pada UMKM sedangkan social influence tidak berpengaruh signifikan. Hasil penelitian juga mendukung teori bahwa propensity to act memiliki efek moderasi pada hubungan antara performance expectancy, effort expectancy, dan social influence dan niat perilaku. Sementara tidak ditemukan pengaruh precipitating event pada hubungan niat menjadi perilaku.en_US
dc.description.abstractThe purpose of this study is to examine the behavioral intention to use ICT among MSMEs in Yogyakarta. Based on the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model, this study examines whether performance expectancy, effort expectancy, and social influence are important antecedents to explain the intention to use ICT at MSMEs. This study also tested two moderating variables, namely propensity to act and precipitating event. The sample in this study was 164 MSME owners in Yogyakarta with a purposive sampling technique and analyzed using structural equation modeling (SEM). The results of this study indicate that performance expectancy and effort expectancy significantly influence the intention to use ICT in MSMEs while social influence has no significant effect. The results also support the theory that propensity to act has a moderating effect on the relationship between performance expectancy, effort expectancy, and social influence to behavioral intention. While the effect of precipitating events on the intention to behavior relationship was not found.en_US
dc.publisherMAGISTER MANAJEMEN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPerilaku penggunaan, UTAUT, UMKM, TIKen_US
dc.titleANALISIS PERILAKU PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK BISNIS ONLINE PADA UMKM MENGGUNAKAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record