STRATEGI PROMOSI WIFI CORNER PT. TELKOM WITEL YOGYAKARTA UNTUK MENARIK MINAT KONSUMEN TAHUN 2019
Abstract
WiCo merupakan layanan bisnis servis dengan tagline “warnet zaman now”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi promosi PT. Telkom Witel Yogyakarta untuk menarik minat konsumen tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan sebagai sumber data berdasarkan pada subjek yang mengetahui permasalahan, memiliki data-data, serta berkenan memberikan informasi secara lengkap dan akurat.
Hasil dari penelitian ini adalah PT. Telkom Witel Yogyakarta menggunakan tiga tahap dalam kegiatan promosi yaitu pada tahap perencanaan promosi, PT. Telkom Witel Yogyakarta hanya melakukan tujuh tahapan dari delapan tahapan dalam mengembangkan program komunikasi dan promosi. Pada pelaksanaan promosi, PT. Telkom Witel Yogyakarta menggunakan beberapa bauran promosi untuk memasarkan produk WiCo antara lain melalui periklanan (advertising), penjualan personal (personal selling), dan pemasaran langsung (direct marketing), promosi penjualan (sales promotion) dan hubungan masyarakat (public relations). Serta pada proses evaluasi, hanya melakukan evaluasi setiap satu bulan sekali.