EFEKTIVITAS PENERIMAAN PESAN DAKWAH KONVENSIONAL DAN DAKWAH ONLINE JAMAAH TERAS DAKWAH
Abstract
Suatu kegiatan dakwah bisa dikatakan berhasil jika pesan-pesan nya tersampaikan dengan baik sehingga dapat mengubah pola pikir dan kehidupan jamaah. Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini berdampak terhadap banyaknya perubahan yang terjadi pada masyarakat, tidak terkecuali pada dakwah. Dakwah yang biasanya memakai cara konvensional yakni hadir dan bertatap muka langsung dengan para da'i, kini berkembang dengan sebutan dakwah online yaitu kita bisa melihat kajian para da'i tanpa hadir langsung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbandingan efektivitas dakwah konvensional dan dakwah online di Teras Dakwah. (2) Mengetahui adakah pengaruh efektivitas pada dakwah konvensional dan dakwah online di Teras Dakwah. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan The Pre-Post Test Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah online lebih efektif dibandingkan dakwah konvensional. Berdasarkan hasil uji independen sampel t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independen sampel t-test dapat disimpulkan bahwa dakwah online lebih efektif dibandingkan dakwah konvensional jamaah Teras Dakwah
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
FILSAFAT DAKWAH
HARIYANTO, MUHSIN (FAI - UMY, 2016) -
STRATEGI DAKWAH KULTURAL SUNAN KALIJAGA
EFENDI, AHMAD NUR (FAI UMY, 2017-05-10)Wali Sanga telah berhasil menjadikan agama Islam sebagai agama mayoritas yang dianut masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa. Salah satu muballigh atau wali yang tergabung dalam Wali Sanga adalah Sunan Kalijaga. Sunan ... -
IMPLEMENTASI POLA DAKWAH BIL MAAL DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN BMT (STUDI KASUS PADA BMT BRINGHARJO DAN BMT BINA IHSANUL FIKRI YOGYAKARTA)
SUBAGJA, ADITYA BANGUN (FAI UMY, 2016-08-31)The research aimed at explaining about the implementation of the pattern of da’wah bil maal in the development strategy of BMT (Case study of BMT Beringharjo and BMT BIF Yogyakarta). It had background of some things, i.e. ...