Show simple item record

dc.contributor.advisorISHAK, ASWAD
dc.contributor.authorSHARASATI, LULUK
dc.date.accessioned2020-02-18T02:01:51Z
dc.date.available2020-02-18T02:01:51Z
dc.date.issued2020-01-30
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31786
dc.descriptionEvent Jogja International Street Performance merupakan event yang mengangkat tema kesenian dan kebudayaan dengan memanfaatkan jalanan sebagai panggungnya. Iklim berkesenian yang tumbuh dengan subur dan bagaimana Yogyakarta dapat beradaptasi dengan berbagai macam kesenian dari segala penjuru dunia, membuat Yogyakarta dilihat sebagai salah satu destinasi wisata budaya yang cukup dikenal. Hingga akhirnya Yogyakarta dikenal sebagai Kota Pariwisata berbasis Budaya. Penelitian ini mencoba mengetahui bagaimana pelaksanaan event Jogja International Street Performance tahun 2018 dalam memperkuat city branding Yogyakarta sebagai Kota Pariwisata berbasis Budaya. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui cara Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta memanfaatkan event Jogja International Street Performance untuk memperkuat city branding Yogyakarta sebagai Kota Pariwisata berbasis Budaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa event Jogja International Street Performance walaupun sudah dijalankan sesuai dengan teori Goldblatt namun masih harus berbenah terkait dengan desain logo, strategi komunikasi, dan juga hasil konkrit pelaksanaan event. Selain itu event udah mengandung komponen-komponen city branding milik Kavaratzis serta dalam pelaksanaannya sudah memenuhi dasar-dasar branding milik Durianto diantaranya memiliki fokus, konsisten sepanjang waktu, menghubungkan program dengan merek dan be branded. Walaupun begitu image Yogyakarta sebagai Kota Pariwisata berbasis Budaya masih dalam tingkat Brand Recognition.en_US
dc.description.abstractEvent Jogja International Street Performance merupakan event yang mengangkat tema kesenian dan kebudayaan dengan memanfaatkan jalanan sebagai panggungnya. Iklim berkesenian yang tumbuh dengan subur dan bagaimana Yogyakarta dapat beradaptasi dengan berbagai macam kesenian dari segala penjuru dunia, membuat Yogyakarta dilihat sebagai salah satu destinasi wisata budaya yang cukup dikenal. Hingga akhirnya Yogyakarta dikenal sebagai Kota Pariwisata berbasis Budaya. Penelitian ini mencoba mengetahui bagaimana pelaksanaan event Jogja International Street Performance tahun 2018 dalam memperkuat city branding Yogyakarta sebagai Kota Pariwisata berbasis Budaya. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui cara Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta memanfaatkan event Jogja International Street Performance untuk memperkuat city branding Yogyakarta sebagai Kota Pariwisata berbasis Budaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa event Jogja International Street Performance walaupun sudah dijalankan sesuai dengan teori Goldblatt namun masih harus berbenah terkait dengan desain logo, strategi komunikasi, dan juga hasil konkrit pelaksanaan event. Selain itu event udah mengandung komponen-komponen city branding milik Kavaratzis serta dalam pelaksanaannya sudah memenuhi dasar-dasar branding milik Durianto diantaranya memiliki fokus, konsisten sepanjang waktu, menghubungkan program dengan merek dan be branded. Walaupun begitu image Yogyakarta sebagai Kota Pariwisata berbasis Budaya masih dalam tingkat Brand Recognition.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectpelaksanaan event, event budaya, city branding, Yogyakarta, Kota Pariwisataen_US
dc.titlePELAKSANAAN EVENT JOGJA INTERNATIONAL STREET PERFORMANCE (JISP) TAHUN 2018 OLEH DINAS PARIWISATA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MEMPERKUAT CITY BRANDING YOGYAKARTA SEBAGAI KOTA PARIWISATA BERBASISen_US
dc.typeThesis SKR FISIP 16en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record