SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DAN KONTRIBUSI UNILEVER SEBAGAI MULTINATIONAL CORPORATION (MNC) DI INDONESIA PADA TAHUN 2017
Abstract
Penelitian ini berfokus kepada kontribusi yang telah diberikan oleh Unilever sebagai sebuah bentuk korporasi multinasional (MNC) terhadap agenda Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia pada tahun 2017. Kehadiran sebuah MNC sangat berdampak bagi kehidupan sosial dan lingkungan suatu negara dalam banyak cara, yang kemudian memunculkan sebuah stigma bahwa tanggung jawab sosial sebuah perusahaan multinasional tidak akan benar-benar murni dan serius tanpa kepentingan dan keuntungan pemilik modal perusahaan saja. Unilever dengan program CSR Unilever Sustainable Living Plan (USLP) menjadi salah satu contoh nyata dari sebuah kontribusi perusahaan multinasional kepada pembangunan berkelanjutan. Komitmen mereka untuk memberikan yang lebih baik kepada sosial dan lingkungan Indonesia atas kehadiran dan pemanfaatan sumber daya yang ada di Indonesia akankah selaras dengan pembangunan berkelanjutan sesuai dengan agenda SDGs yang diadopsi oleh Indonesia. Menggunakan penggabungan antara Konsep Corporate Social Responsibility (CSR) dan Konsep Efektivitas dapat diketahui bagaimana berjalannya program CSR USLP di Indonesia pada tahun 2017 dan juga kesesuaian capaian target yang menjadi pengakuan Unilever dengan pembangunan berkelanjutan.