STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KARITA MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENGINDUKSI PERILAKU BELANJA ONLINE DI WEBSITE ALMARI.CO.ID TAHUN 2017
Abstract
Media yang kini berubah menjadi digital memaksa para brand untuk melakukan perubahan dalam memasarkan produknya. Karita yang sadar akan hal ini, mulai menjajaki dunia digital dengan membuat media sosial dan website. Namun, karena tidak sesuai dengan target, Karita memilih untuk melakukan kerja sama dengan biro iklan yakni RWE Digital Agency untuk mengolah media sosialnya. Kerja sama ini menghasilkan strategi yang bertujuan untuk meningkatkan awareness dan sales. Maka dari itu, media sosial Karita digunakan juga sebagai media untuk menginduksi perilaku belanja online di website almari.co.id. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Karita melalui media sosial untuk menginduksi perilaku belanja online di website almari.co.id pada tahun 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan informan penelitian. Objek dalam penelitian ini adalah Karita dan RWE Digital Agency selaku biro iklan yang membuat strategi tersebut. Penelitian ini menemukan bahwa Karita tetap menggunakan media konvensional sebagai bentuk penyebaran informasi atas akun media sosial dan websitenya. Sejak strategi komunikasi pemasaran ini diimplementasikan, penjualan semakin banyak terjadi di website. Namun seiring berjalannya waktu, customer banyak yang mengeluh perihal susahnya melakukan pembelian di website. Sehingga, RWE memberi solusi baru untuk proses pembelian online bagi customer dengan membuat google form dan diikuti oleh landing page.