Show simple item record

dc.contributor.authorAkbar, Ali
dc.date.accessioned2020-02-20T06:29:23Z
dc.date.available2020-02-20T06:29:23Z
dc.date.issued2020-02-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31879
dc.descriptionJudul penelitian ini adalah Peran Modal Sosial Parabela dalam Mendukung Kemenangan Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Buton Pasca Orde Baru. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar peran modal sosial parabela sehingga dapat memberikan kemenangan pasangan calon yang didukungnya. Untuk mengkaji permasalah dari penulisan ini yaitu penulis menggunakan teori tentang modal sosial dimana yang menjadi indikatornya adalah kepercayaan, jaringan dan norma. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan dianalisis dengan menggunakan software Nvivo12 Plus yang merupakan software untuk menganalisis penelitian kualitatif dan divisualisasikan dalam bentuk gambar grafik ataupun diagram. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah tiga indikator modal sosial yang dimiliki oleh parabela yakni kepercayaan, norama dan jaringan mampu mempengaruhi hasil pemilihan dalam setiap pilkada buton sejak pilkada pertama pada tahun 2006 dengan menangnya pasangan calon yang mendapatkan dukungan penuh dari parabela. Meskipun pada pemilihan ulang tahun 2012 pasangan calon yang mendapatkan dukungan parabela tidak memenangkan pilkada dikarenakan faktor-faktor politik yang lebih kuat. Dari ketiga modal tersebut berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa faktor kepercayaanlah yang lebih besar pengaruhnya terhadap besarnya dukungan masyarakat terhadap pasangan calon pada pilkada Buton dibandingkan dengan faktor jaringan dan norma. Hal ini bisa dipahami dikarenakan parabela bukan hanya sebagai pemimpin adat namun juga masyarakat dan parabela saling mengikat janji saat pelantikan parabela tersebut.en_US
dc.description.abstractThe title of this research is the Role of Social Capital Parabela in Supporting the Victory of the Candidate Pair of Regent and Deputy Regent of Buton Regency Post New Order. The purpose of this paper is to find out how much the strength of social capital parabela so that it can provide the victory of the candidate pairs it supports. To examine the problem and get the outcome that is the purpose of this writing, the writer uses the theory of social capital where the indicators are trust, networks and norms. This study uses qualitative data analysis with a case study approach and is analyzed using Nvivo12 Plus software, which is a software for analyzing qualitative research and visualized in the form of graphic images or diagrams.The findings in this research are three indicators of social capital owned by parabela namely trust, norma and networkable to influence the election results in each buton election since the first Buton election in 2006 with the victory of the candidate pair that received full support from parabela. Even though in the 2012 re-election the candidate pair who received parabela support did not win the election due to stronger political factors. From the three capital based on the results of the analysis it was found that the trust factor had a greater influence on the amount of community support for the candidate pair in the Buton election compared to the network and norm factors. This can be understood because parabela is not only a traditional leader but also a community and parabela are bound to one another when they are inaugurated.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMAGISTER ILMU PEMERINTAHAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectSocial Capitalen_US
dc.subjectParabelaen_US
dc.subjectLocal Eliteen_US
dc.subjectLocal Electionen_US
dc.titlePERAN MODAL SOSIAL PARABELA DALAM MENDUKUNG KEMENANGAN PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN BUTON PASCA ORDE BARUen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record