PERAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP TAMAN DEWASA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA
Abstract
Religiusitas adalah keterkaitan individu terhadap agamanya (Nur dan Rini, 2010:169). Peran Orangtua yaitu lingkungan pokok yang memiliki kedudukan yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana religiusitas anak berkebutuhan khusus serta menganalisis bagaimana peran Orangtua dalam meningkatan religiusitas anak berkebutuhan khusus di SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Subyek penelitian yaitu kelas VII dengan subyek SA, DA dan PA (nama samaran) sebagai anak berkebutuhan khusus yang beragama islam. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Peran Orangtua sebagai panutan, pemberi contoh dan pengajar. Bentukbentuk religiusitas yaitu keyakinan, praktik agama, ihsan dan penghayatan, pengetahuan agama serta pengalaman dan kosekuensi. Hasil penelitiannya yaitu Orangtua memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan religiusitas anak berkebutuhan khusus. Orangtua sebagai panutan, pengajar serta pemberi contoh menjadi cerminan untuk anak-anaknya. lingkungan tempat tinggal subyek juga sangat berpengaruh dalam menjalankan aktifitas religiusitas.