dc.contributor.advisor | IQBAL, IQBAL | |
dc.contributor.author | SALASA, ABDILLAH | |
dc.date.accessioned | 2020-03-09T04:02:43Z | |
dc.date.available | 2020-03-09T04:02:43Z | |
dc.date.issued | 2019-07-11 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32444 | |
dc.description | Latar belakang: Berawal dari akar masalah yang disampaikan oleh guru pengajar bahasa arab SD Muhammadiyah 2 Ngabean bahwa siswa SD kelas 4 mengalami penurunan prestasi belajar terutama dalam hal penguasaan kosa kata baru di setiap pelajarannya dan faktor lain dari guru pengajar menuturkan bahwa kurangnya metode dan media yang menarik yang disampaikan oleh guru pengampu tersebut. Perlu adanya sebuah metode atau media yang bisa mendorong siswa kelas 4 dalam meningkatkan penguasaan kosa kata baru.
Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Power Point untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab siswa; 2) Untuk mengetahui respon guru dan siswa dari penggunaan media Powerpoint dalam meningkatkan penguasaan kosa kata siswa. 3) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari media Powerpoint dalam meningkatkan penguasaan kosa kata siswa di kelas 4 SD muhammadiyah Ngabean 2 Yogyakarta.
Metode penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen one group design sample pretest-postest. Sampel dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas IV SD Muhammadiyah Ngabean 2 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan menggunakan test, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data berupa uji validitas, reliabilitas, dan uji t-paired sampel test.
Hasil penelitian: Dari data test dapat diketahui peningkatan nilai rata-rata hasil post test yaitu 91,33 lebih tinggi dibandingkan hasil rata-rata nilai pre test yaitu 62,44. Adapun hasil uji t-paired simple test diperoleh untuk pre-test sampai post-test nilai t-hitung -6,592 < T-tabel 2,052 dengan kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima.
Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media power point terdapat pengaruh efektivitas terhadap peningkatan penguasaan kosa kata siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Ngabean 2 Yogyakarta. | en_US |
dc.description.abstract | Latar belakang: Berawal dari akar masalah yang disampaikan oleh guru pengajar bahasa arab SD Muhammadiyah 2 Ngabean bahwa siswa SD kelas 4 mengalami penurunan prestasi belajar terutama dalam hal penguasaan kosa kata baru di setiap pelajarannya dan faktor lain dari guru pengajar menuturkan bahwa kurangnya metode dan media yang menarik yang disampaikan oleh guru pengampu tersebut. Perlu adanya sebuah metode atau media yang bisa mendorong siswa kelas 4 dalam meningkatkan penguasaan kosa kata baru.
Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Power Point untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab siswa; 2) Untuk mengetahui respon guru dan siswa dari penggunaan media Powerpoint dalam meningkatkan penguasaan kosa kata siswa. 3) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari media Powerpoint dalam meningkatkan penguasaan kosa kata siswa di kelas 4 SD muhammadiyah Ngabean 2 Yogyakarta.
Metode penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen one group design sample pretest-postest. Sampel dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas IV SD Muhammadiyah Ngabean 2 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan menggunakan test, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data berupa uji validitas, reliabilitas, dan uji t-paired sampel test.
Hasil penelitian: Dari data test dapat diketahui peningkatan nilai rata-rata hasil post test yaitu 91,33 lebih tinggi dibandingkan hasil rata-rata nilai pre test yaitu 62,44. Adapun hasil uji t-paired simple test diperoleh untuk pre-test sampai post-test nilai t-hitung -6,592 < T-tabel 2,052 dengan kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima.
Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media power point terdapat pengaruh efektivitas terhadap peningkatan penguasaan kosa kata siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Ngabean 2 Yogyakarta. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Power Point, Penguasaan kosa kata, Bahasa Arab. | en_US |
dc.title | EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA STUDI EKSPERIMEN: DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 NGABEAN YOGYAKARTA TAHUN 2018-2019 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |