PENGARUH PERSEPSI HARGA, PROMOSI, REPUTASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA WEDDING AND EVENT ORGANIZER (Studi Pada Pengguna WO Kapulaga di Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi harga, promosi, reputasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian jasa Wedding and Event Organizer Kapulaga di Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini adalah pengguna jasa WO Kapulaga yang berdomisili di DIY, pernah mengguunakan jasa tersebut, dan menggunakan jasa tersebut dalam 3 tahun terakhir.
Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling dan menyebarkan kuesioner kepada responden menggunakan google forms. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan program aplikasi SPSS 22.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, reputasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan yang terakhir kualitas layanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kkeputusan pembelian.