Show simple item record

dc.contributor.advisorMADJID, ABDUL
dc.contributor.authorSIHATMA, RADIA
dc.date.accessioned2020-04-07T02:58:24Z
dc.date.available2020-04-07T02:58:24Z
dc.date.issued2019-09-27
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32695
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji penafsiran tentang jazā’ menurut perspektif Ahmad Musṭāfā al-Marāgī dalam Tafsīr Al-Marāgī. Lebih lanjut, penelitian ini juga menganalisis relevansi jazā’ bagi pendidikan berdasarkan perspektif Tafsīr Al- Marāgī. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research (kepustakaan). Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Sumber data primer yang digunakan adalah kitab Tafsīr Al- Marāgī karya Ahmad Musṭāfā al-Marāgī sedangkan sumber data sekundernya adalah kitab Al-Mu’jam Al-Mufahraṣ Li Alfāẓi Al-Qur’ ān Al-Karīm yang digunakan untuk mengumpulkan ayat-ayat yang setema dalam al-Qur’an, Tafsīr Al-Azhar, Tafsīr al- Qur’ānu al-‘ẓīm, Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis, Pengantar Metodik Dedaktik, aplikasi zekr, KBBI online dan Lidwa Pustaka serta karya ilmiah lainnya yang berkaitan dengan tema pokok. Data-data ini dikumpulkan dengan metode dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analitik. Hasil penelitian ini adalah terdapat 43 ayat yang berbicara tentang jazā’ (reward/hadiah dan punishment/hukuman) dalam al-Qur’an.. Namun, masih banyak ayat lagi yang menjelaskan tentang balasan, seperti menggunakan kata tsawāb, ajrun, ‘iqāb dan ‘azāb. Jazā’ dalam Tafsīr Al-Marāgī merupakan balasan terhadap segala perbuatan manusia. Balasan tersebut diberikan secara adil, mengandung nilai motivasi agar menjadi insan yang lebih baik. Jazā’ berdasarkan perspektif Tafsīr al-Marāgī sangat relevan jika diterapkan dalam dunia pendidikan. Jazā’ (hadiah/hukuman) tersebut akan memberi pengaruh dan motivasi bagi peserta didik untuk menjadi lebih baik lagi. Tentunya jika diterapkan dengan tepat dan tidak menyelisihi al-Qur’an dan hadis. Jazā’ (hadiah/hukuman) ini juga dikenal dalam salah satu teori belajar, yaitu teori behavioristik. Teori belajar yang menekankan pada terwujudnya perubahan tingkah laku melalui hubungan stimulus-respons. Jazā’ (hadiah/hukuman) ini sebagai stimulus yang nantinya peserta didik akan memberikan respons melalui terwujudnya perubahan tingkah laku.en_US
dc.description.abstractThis research aims to study the interpretation of jaza’ (rewards and punishment) according to the perspective of Ahmad Mustafa al-Maragi in Tafsir Al-Maragi (Al- Maragi Interpretation). This research also aims to analyze the relevance of jaza’ to education according to the perspective of Tafsir Al-Maragi. The approach of this research was qualitative with library research type. The main sources included primary and secondary data. The primary data used was the book of Tafsir Al-Maragi written by Ahmad Mustafa al-Maragi, whereas the secondary data was the book of Al-Mu’jam Al Mufahras Li Alfazi Al-Qur’an an Al-Karim. The sources were used to compile verses which have similar theme to the al-Qur’an, Tafsir Al-Azhar, Tafsir al-Qur’anu al-zim, Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis (Theoretical and Practical Education), Pengantar Metodik Dedaktic (Introduction to Deducted Methodic), zekr application, online KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia/the Great Dictionary of Bahasa Indonesia), Lidwa Pustaka, as well as other scientific works related to the main theme. These data were collected through documentation method, and then were analyzed using analytical descriptive method. The research result shows that there are 43 verses discussing jaza’ in the al- Qur’an. However, there are many other verses explaining retaliation, as stated in several words, such as tsawab, ajrun, iqab and azab. Jaza’, in Tafsir Al-Maragi, is the retaliation against what human beings have done on earth. The retaliation shall be given righteously and containing motivation value so that human beings can be the better ones. Jaza’, according to the perspective of Tafsir al-Maragi, is very relevant to be applied in education. Jaza’ will give influence and motivation to students in order to be better as long as the application is accurate and not deviating al-Qur’an and hadits. Jaza’ is also known in one of learning theories, which is behavioristic theory, a theory that emphasizes on the establishment of behavioral changes via stimulus-response relationship. Jaza’ works as the stimulus, by which the students shall give responses through the actualization of their behavioral changes.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectJaza’, tafsir al-Maragi, rewards, punishmenten_US
dc.titleJAZĀ’ DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKANen_US
dc.title.alternative(perspektif Tafsīr al-Marāgī)en_US
dc.typeThesis SKR FAI 341en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record