STRATEGI PUBLIC RELATIONS RADIO KOMUNITAS SAKA FM DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEBAGAI MEDIA DAKWAH
Abstract
Adanya fungsi public relations memudahkan suatu lembaga untuk menjalin
hubungan baik dengan masyarakat, peran public relations disebuah lembaga
sangat diperlukan untuk mempertahanan eksistensinya, baik di lembaga
pemerintahan maupun swasta. Sehingga adanya penelitian ini bertujuan untuk
melihat bagaimana peran public relations media swasta dalam mempertahankan
eksistensinya, melalui peran public relation nya. Khususnya penelitian ini
membahas terkait bagaimana Strategi yang dilakukan public relations radio
komunitas Saka FM dalam mempertahankan eksistensinya sebagai media dakwah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di
radio komunitas Saka FM, yang berada di bawah naungan Masjid Gedhe Kauman.
Penentuan informan digunakan teknik purposive, pengumpulan data dilakukan
dengan cara pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian
menggunakan teori Niche yang menyatakan tiang berdirinya suatu media dibagi
menjadi tiga yaitu Capital, Types of content, Types of audience. Hasil penelitian
menunjukan bahwa berdasarkan teori Niche tersebut, radio Saka telah mampu
berdiri sendiri. Adapun strategi public relations radio Saka FM belum memenuhi
fungsi idealnya sebagai radio komunitas. Meskipun demikian, radio Saka FM
sudah mampu mempertahankan eksistensi sebagai media dakwah melalui bidang
marketingnya