dc.contributor.author | Tukijo, Tukijo | |
dc.date.accessioned | 2020-10-27T07:31:43Z | |
dc.date.available | 2020-10-27T07:31:43Z | |
dc.date.issued | 2020-06-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35816 | |
dc.description | Tujuan penelitian ini mengetahui perencanaan, pelaksanaan, hasil, evaluasi, faktor
yang mendukung dan faktor yang menghambat pembelajaran membaca Al-Qur'an
dengan metode Ijtahid Fi al-Qira'ah di Pondok Pesantren Ar-Ruhamaa' Playen
Gunungkidul. Metode penelitian ini menggunakan deslcriptif kualitatif dengan
pendekatan studi kasus, Informan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5
orang yang ditentukan dengan Purposive sampling. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis dengan
mengorganisasikan data, pengelompokan data, menguji asumsi, mencari alternatif
jawaban dan menulis hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa
perencanaan pembelajaran membaca Al-Qur'an dengan metode Ijtahid Fi al-
Qira'ah telah ditetapkan dalam kurikulum, membuat jurnal (buku catalan
perkembagan santri), menulis capaian atau perkembangan santri, menetapkan
target sasaran, merumuskan tujuan dan mengatur jadwal pertmuan, pelaksanaan 3
kali dalam seminggu dengan komposisi 5 santri I guru/ustad. Waktu yang
dibutuhkan untuk menyelesaikan kitab ljtahid Fi al-Qira'ah selama 3-4 bulan.
Hasil analisis diperoleh 650/o santri memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an
dalam kategori baik, evaluasi dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an dengan
metode ljtahid Fi al-Qira'ah dilaksanakan setiap jam pelajaran yaitu 3 kali dalam
satu minggu, evaluasi dilakukan dalam bentuk tes kemampuan membaca Al-
Qur'an, catatan evaluasi juga di lakukan dengan cara tertulis dengan faktor
pendukung SDM pengajar yang profesioanal dengan penghambat adalah
keterbatasan sarana dan prasarana pembelaj aran. | en_US |
dc.description.abstract | The purpose of this research is to flnd out tlre planning, implementation, result, evaluation,
supporting and in-hibiting t-actors of Al-Qur'an recitation lear"ning with the rnethod of ljtihad Fi al-
Qira'ah in Ar-Ruhamaa' Islarnic Boarding School Playen Gunung Kidul. The research rnethod
vi,,as qualitative descriptive with case study'approach. There were 5 infonnants in this research,
selected through purposive sarnpling. The data collection method was using observation, intervierv
and documentation, and then it was analyzedtlrough data organization, data groupittg. asstrmption
testing, alternative-answer seeking, and research result writing. The research result shows that the
planning of the Al-Qur'an recitation learning rvith the rnethod of ljtihad Fi al-Qira 'ali has been
ernbedded within the curdculum, students' development joLulal, students' development report,
target establishment, goal fbnnulation, and rneeting schedule arangement. It has been
implernented three times per week with the composition of 5 students and i teacher. The time
allocation needed for the lltihad Fi Al-Qira'{th is3 - 4 months. The analysis result shows that 65 9,tr
of the students have good Al-Qur'an recitation skill. The evaluation of the Al-Qur'an recitatiou
leanring usrng l.jtihad Fi Al-Qira'ahhas been conducted every learning hour" which is three times
per rveek, the evaluation has been done in the fonn of Al-Qur'an recitation skill test. Written
evaluation record has also been caried out along with the suppofiing factor: professional human
resources, rvhereas the inhibiting factor: limited leaming facility and infrastmctures. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | MAGISTER STUDI ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Al-Qur'an Recitation | en_US |
dc.subject | ljtihad Fi Ai-Qira'ah | en_US |
dc.subject | Learning | en_US |
dc.title | PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE IJTAHID FI AL-QIRA’AH DI PONDOK PESANTREN AR-RUHAMAA’ PLAYEN GUNUNGKIDUL | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |