Show simple item record

dc.contributor.authorTukijo, Tukijo
dc.date.accessioned2020-10-27T07:31:43Z
dc.date.available2020-10-27T07:31:43Z
dc.date.issued2020-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35816
dc.descriptionTujuan penelitian ini mengetahui perencanaan, pelaksanaan, hasil, evaluasi, faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat pembelajaran membaca Al-Qur'an dengan metode Ijtahid Fi al-Qira'ah di Pondok Pesantren Ar-Ruhamaa' Playen Gunungkidul. Metode penelitian ini menggunakan deslcriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, Informan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang yang ditentukan dengan Purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis dengan mengorganisasikan data, pengelompokan data, menguji asumsi, mencari alternatif jawaban dan menulis hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran membaca Al-Qur'an dengan metode Ijtahid Fi al- Qira'ah telah ditetapkan dalam kurikulum, membuat jurnal (buku catalan perkembagan santri), menulis capaian atau perkembangan santri, menetapkan target sasaran, merumuskan tujuan dan mengatur jadwal pertmuan, pelaksanaan 3 kali dalam seminggu dengan komposisi 5 santri I guru/ustad. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kitab ljtahid Fi al-Qira'ah selama 3-4 bulan. Hasil analisis diperoleh 650/o santri memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an dalam kategori baik, evaluasi dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an dengan metode ljtahid Fi al-Qira'ah dilaksanakan setiap jam pelajaran yaitu 3 kali dalam satu minggu, evaluasi dilakukan dalam bentuk tes kemampuan membaca Al- Qur'an, catatan evaluasi juga di lakukan dengan cara tertulis dengan faktor pendukung SDM pengajar yang profesioanal dengan penghambat adalah keterbatasan sarana dan prasarana pembelaj aran.en_US
dc.description.abstractThe purpose of this research is to flnd out tlre planning, implementation, result, evaluation, supporting and in-hibiting t-actors of Al-Qur'an recitation lear"ning with the rnethod of ljtihad Fi al- Qira'ah in Ar-Ruhamaa' Islarnic Boarding School Playen Gunung Kidul. The research rnethod vi,,as qualitative descriptive with case study'approach. There were 5 infonnants in this research, selected through purposive sarnpling. The data collection method was using observation, intervierv and documentation, and then it was analyzedtlrough data organization, data groupittg. asstrmption testing, alternative-answer seeking, and research result writing. The research result shows that the planning of the Al-Qur'an recitation learning rvith the rnethod of ljtihad Fi al-Qira 'ali has been ernbedded within the curdculum, students' development joLulal, students' development report, target establishment, goal fbnnulation, and rneeting schedule arangement. It has been implernented three times per week with the composition of 5 students and i teacher. The time allocation needed for the lltihad Fi Al-Qira'{th is3 - 4 months. The analysis result shows that 65 9,tr of the students have good Al-Qur'an recitation skill. The evaluation of the Al-Qur'an recitatiou leanring usrng l.jtihad Fi Al-Qira'ahhas been conducted every learning hour" which is three times per rveek, the evaluation has been done in the fonn of Al-Qur'an recitation skill test. Written evaluation record has also been caried out along with the suppofiing factor: professional human resources, rvhereas the inhibiting factor: limited leaming facility and infrastmctures.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMAGISTER STUDI ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectAl-Qur'an Recitationen_US
dc.subjectljtihad Fi Ai-Qira'ahen_US
dc.subjectLearningen_US
dc.titlePEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE IJTAHID FI AL-QIRA’AH DI PONDOK PESANTREN AR-RUHAMAA’ PLAYEN GUNUNGKIDULen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record