ELEARNING: PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN JARAK JAUH (PJJ)
Abstract
Buku ini ditulis sebagai rujukan bagi para pengelola perguruan tinggi
yang berminat untuk membuka program Pendidikan Jarak Jauh atau PJJ.
Banyak produk hukum terkait PJJ yang telah diterbitkan oleh pemerintah,
terakhir adalah Kepmen No. 109/2013. Keputusan menteri ini sesungguhnya
adalah untuk mempertegas kembali bahwa PJJ sudah menjadi bagian yang
menyatu dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Saat ini masih banyak
penyelenggara perguruan tinggi yang enggan membuka PJJ karena kawatir
dengan aspek legalitas, mutu, dan pengakuan. Buku ini berisi pedoman untuk
menyelenggarakan PJJ supaya memiliki mutu yang baik atau minimalnya
tidak kalah dengan model tatap muka. Secara khusus akan dipaparkan sebuah
model pembelajaran untuk PJJ dengan pendekatan keteknikan. Pendekatan ini
diperlukan untuk menjamin keberhasilan dan keterlaksanaan PJJ, sekaligus
untuk menjaga mutunya.
PJJ perlu dikembangkan mengingat banyak masyarakat yang ingin
mencapai pendidikan yang lebih tinggi namun terkendala jarak disebabkan
lokasi domisili dan/atau terkendala waktu karena telah bekerja. Adanya
dukungan infrastruktur telekomunikasi, bisnis telekomunikasi, dan teknologi
e-learning saat ini sangat mempermudah terwujudnya PJJ yang bermutu,
berstandar nasional/internasional, dan berbiaya rendah. PJJ merupakan solusi
yang paling efektif untuk meningkatkan akses pendidikan mengingat
demografi dan kondisi geografi Indonesia. Pada tataran matakuliah, PJJ juga
perlu dikembangkan lebih lanjut sebagai pelengkap model tatap muka dengan
menerapkan model campuran (hybrid model).