Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorMAYSAROH, MAYSAROH
dc.date.accessioned2016-10-26T07:52:10Z
dc.date.available2016-10-26T07:52:10Z
dc.date.issued2016-08-31
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5368
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan spiritual siswa SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 dan kecerdasan spiritual siswa SDIT Insan Utama serta perbedaan kecerdasan spiritual antara siswa SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 dengan SDIT Insan Utama. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada dua sekolah yang berbeda, yaitu SD Muhammadiyah Ambarketawang 2, Gamping, Sleman dengan SDIT Insan Utama, Kasihan, Bantul. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara tidak acak berdasarkan pertimbangan tertentu. Sampel penelitian ini ialah siswa kelas 5 SD dari masing-masing sekolah dengan menyesuaikan jumlah antara satu sekolah dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan kelas 5 adalah siswa yang telah memasuki usia remaja yang mana kecerdasan spiritual akan terlihat pada usia seperti itu juga merupakan siswa yang akan menginjak tahun akhir sehingga bisa dilihat hasil dari pendidikannya selama ini di lembaga pendidikan Islam tersebut. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Uji-T (T-Test) Sampel Independen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kecerdasan spiritual siswa SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 termasuk dalam kategori sedang. Terbukti bahwa 43% dari jumlah responden memiliki kecerdasan spiritual baik. 2) Tingkat kecerdasan spiritual siswa SDIT Insan Utama termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini dibuktikan oleh prosentase 46% dari jumlah responden memiliki kecerdasan spiritual sangat baik. 3) Terdapat perbedaan kecerdasan spiritual yang sangat signifikan antara siswa SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 dengan SDIT Insan Utama. Hal ini ditunjukkan pada nilai signifikansi 0.001 ≤ 0.01 yang berarti terdapat perbedaan kecerdasan spiritual yang sangat signifikan antara siswa SD Muhamammdiyah Ambarketawang 2 dengan SDIT Insan Utamaen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan spiritual siswa SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 dan kecerdasan spiritual siswa SDIT Insan Utama serta perbedaan kecerdasan spiritual antara siswa SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 dengan SDIT Insan Utama. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada dua sekolah yang berbeda, yaitu SD Muhammadiyah Ambarketawang 2, Gamping, Sleman dengan SDIT Insan Utama, Kasihan, Bantul. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara tidak acak berdasarkan pertimbangan tertentu. Sampel penelitian ini ialah siswa kelas 5 SD dari masing-masing sekolah dengan menyesuaikan jumlah antara satu sekolah dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan kelas 5 adalah siswa yang telah memasuki usia remaja yang mana kecerdasan spiritual akan terlihat pada usia seperti itu juga merupakan siswa yang akan menginjak tahun akhir sehingga bisa dilihat hasil dari pendidikannya selama ini di lembaga pendidikan Islam tersebut. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Uji-T (T-Test) Sampel Independen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kecerdasan spiritual siswa SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 termasuk dalam kategori sedang. Terbukti bahwa 43% dari jumlah responden memiliki kecerdasan spiritual baik. 2) Tingkat kecerdasan spiritual siswa SDIT Insan Utama termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini dibuktikan oleh prosentase 46% dari jumlah responden memiliki kecerdasan spiritual sangat baik. 3) Terdapat perbedaan kecerdasan spiritual yang sangat signifikan antara siswa SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 dengan SDIT Insan Utama. Hal ini ditunjukkan pada nilai signifikansi 0.001 ≤ 0.01 yang berarti terdapat perbedaan kecerdasan spiritual yang sangat signifikan antara siswa SD Muhamammdiyah Ambarketawang 2 dengan SDIT Insan Utamaen_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectKecerdasan Spiritualen_US
dc.titlePERBANDINGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANTARA SISWA SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 2 DENGAN SDIT INSAN UTAMAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 248en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record