PENGARUH ADOPSI TEKNOLOGI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PAI UMY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat adopsi teknologi
mahasiswa PAI FAI UMY. 2) Tingkat motivasi belajar mahasiswa. 3) Tingkat
prestasi akademik mahasiswa. 4) Pengaruh adopsi teknologi informasi terhadap
prestasi akademik mahasiswa. 5) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi
akademik mahasiswa. 6) Pengaruh adopsi teknologi informasi dan motivasi
belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa PAI FAI UMY.
Penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa PAI UMY
angkatan 2013, sebanyak 100 responden, dengan pengambilan sampel secara
acak. Data dikumpulkan menggunakan angket model skala likert. Data dianalisis
secara deskriptif dan menggunakan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat adopsi teknologi mahasiswi 34
responden dengan persentase 68% berada dalam kriterian sedang, sedangkan
tingkat adopsi teknologi mahasiswa dengan 25 responden dengan persentase 50%
dalam kriteria tinggi. (2) Tingkat motivasi belajar mahasiswi dengan 26
responden dengan persentase 52% dalam kriteria sedang, dan 27 responden
mahasiswa dengan persentase 54% dalam kriteria sedang. (3) Tingkat prestasi
akademik mahasiswi 32 responden dengan persentase 64% dalam kriteria sangat
memuaskan dan 41 responden dengan persentase 82% mahasiswa berada dalam
kriteria sangat memuaskan (4)Terdapat pengaruh signifikan antara variabel adopsi
teknologi terhadap prestasi akademik mahasiswa. (5) Tidak terdapat pengaruh
signifikan antara variabel motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa
(6) Terdapat pengaruh yang signifikan antara adopsi teknologi dan motivasi
belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa PAI UMY, adopsi teknologi dan
motivasi belajar mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa sebesar 20%.
Sedangkan 80% dipengaruhi oleh lainnya