PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ISMUBA DI SMA MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi belajar Ismuba
siswa SMA Muhammadiyah Kasihan, menganalisis pengaruh perhatian orang tua
dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ismuba siswa SMA Muhammadiyah
Kasihan.
Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah Kasihan, sebanyak 55 orang,
teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling yaitu sampel yang
pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa
memperhatikan strata yang ada di dalam populasi itu. Pengumpulan data
menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas
menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) perhatian orang tua siswa SMA
Muhammadiyah Kasihan berada pada kategori sedang (55%). 2) Motivasi Belajar
siswa SMA Muhammadiyah Kasihan pada kategori sedang (64%). 3) Prestasi
Belajar Ismuba siswa SMA Muhammadiyah Kasihan tinggi (44%). Tidak ada
pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap
prestasi belajar Ismuba SMA Muhammadiyah Kasihan yang ditunjukkan dengan
kontribusi sebesar 0,01% dalam mempengaruhi prestasi belajar Ismuba siswa
SMA Muhammadiyah Kasihan. Dengan demikian tidak ada pengaruh yang
signifikan perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar
Ismuba sebesar 0.01% dan 99.9% dipengaruhi oleh faktor lain.