EFEKTIVITAS E-GOVERNMENT DALAM PENGELOLAAN TATA PEMERINTAHAN YANG TRANSPARAN DAN PARTISIPASI (Studi kasus di Unit Pelayanan Informasi dan keluhan Kota Yogyakarta (UPIK))
Abstract
E-Government merupakan sebuah konsep penggunaan teknologi informasi di pemerintah guna memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Pelayanan publik yang selama ini berjalan masih banyak terdapat permasalahan-permasalahan , seperti berbelit-belit, tidak adanya kepastian jangka waktu penyesuaian , dll. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan upaya perbaikan kualitas penyelenggaraan pelayanaan publik secara berkesinambungan demi mewujudkan pelayanan publik yang prima.
Dari hasil akhir yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dikemukakan bahwa penerapan E-Government melalui layanan UPIK Kota Yogyakarta ini sudah cukup efektif guna peningkatan kualitas pelayanan publik serta peningkatan partisipasi masyarakat, dan juga transparasi informasi.