HUBUNGAN NILAI PRETEST SKILLS LAB TERHADAP NILAI OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Penggunaan pretest cukup menjanjikan dalam usaha peningkatan medical education atau pendidikan kedokteran. Pretest dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan kognitif dan perilaku mahasiswa, serta untuk mengetahui seberapa jauh pelajar memahami sebuah ,ateri pelajaran. Mulai tahun akademik 2011-2012 kegiatan skills Lab di Program Studi (Prodi) Pendidikan Dokter FKIK UMY diadakan penambahan pembelajaran berupa pretest yang diadakan sebelum kegiatan mentoring dimulai. Motivasi dan persiapan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan Skills Lab sebelum diadakannya pretest masih sangat kurang, sehingga perlu diketahui pengaruh pretest dalam metode pembelajaran keterampilan klinis di FKIK UMY, terhadap hasil belajar mahasiswa.